Membangun Website Penjadwalan Muballigh Ceramah Ramadhan Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Tenayan Raya dan Kulim Kota Pekanbaru

Goesderilidar Goesderilidar, Dany Rukma

Abstract


Penjadwalan Muballigh Ramadhan dibutuhkan untuk mengatur supaya tidak terjadi kesalahan atau bentroknya jadwal muballigh tersebut.  Ceramah Ramadhan adalah taushiyah  yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk bagi audiensi yang bertindak sebagai pendengar.Pendengar dapat siapa saja, masyarakat luas atau khalayak. Biasanya ceramah Ramadhan sifatnya khusus, maksudnya tak ada batasan apa saja baik itu dari audiens yang telah tua ataupun yang masih muda, materinya juga disesuaikan dengan Bulan Ramadhana. Saat ini teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting dalam berbagai bidang. Perkembangan ini berdampak luas pada semua sektor termasuk dalam bidang keagamaan. Disetiap masjid, kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnyasehingga perlu menyusun jadwal ceramah Ramadhan di masjid dan Musholla Kecamatan tenayan Raya dan Kecamatan Kulim Kota pekanbaru Riau. Selama ini Penjadwalan ceramah Ramadhan masih menggunakan sistem yang manual untuk melakukan proses pembagian dan penentuan jadwal. Segala penginputan hasil jadwal dan pemnyediaan informasi masih menggunakan media kertas. Sehingga untuk mempermudah Informasi Penjadwalan Muballigh Ceramah Ramadhan maka dirancang  Sistem Informasi  Penjadwalan Muballigh untuk ceramah Ramadhan Menggunakan Sistem Informasi berbasis Web menggunakan CMS (CONTENT MANAGEMENT SITE) Wordpress. Dengan adanya Sistem Informasi Penjadwalan Muballigh memudahkan Pengurus Ikatan Da’i (IKADI) Tenayan Raya dan Kulim menyusun jadwal tanpa adanya kerangkapan data lagi dan mendapatkan informasi Muballigh dengan cepat.

Kata kunci : Sistem informasi , Penjadwalan, Ceramah, UML, Web


Full Text:

PDF

References


Fitri A, Permana I, Marsal A., 2016, Penerapan Constraint Satisfaction Problem pada metode Priority Scheduling untuk Penjadwalan Khutbah Jum’at para Mubaligh. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri (SiTekIn), 13(2): 190-194.

Goesderilidar, G. (2021). Membangun website Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK Indragiri menggunakan WordPress. IndraTech, 2(1), 62-69.

Goesderilidar, G. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DIGITAL PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 PAYAKUMBUH. IndraTech, 1(1), 1-7.

Hidayat, R. (2010). Cara praktis membangun website gratis. Elex Media Komputindo.

Iriyanto, Y. (2022). Membangun Website Info Bondowoso Dengan Create Wordpress Theme.

Pamungkas, R. (2021). Membangun Website Menggunakan Content Management System Wordpress Dengan Studi Kasus E-Marketing Pada UMKM.

Sulistyawati, R. S. (2012). Cara Mudah Membangun Website Menggunakan Wordpress. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 1(2), 170-180.

Susanto, A., SI, S., & Kom, M. (2021). Mudah Membangun Website Sekolah Dengan CMS Wordpress. Deepublish.

Wongso, F., & Lidar, G. (2019). Perancangan Web Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Payakumbuh. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 10(1), 2104-2110.

Zainurrahman, D. (2022). MEMBANGUN WEBSITE PERPUSTAKAAN DIGITAL STMIK INDRAGIRI MENGGUNAKAN CMS (CONTENT MANAGEMENT SITE) WORDPRESS. Jaringan Sistem Informasi Robotik-JSR, 6(1), 133-138.




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v3i2.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.