ICT DAN QURANIC JOURNAL (Model Inovasi Strategi Pembelajaran PAI)

Zainul Muflihin

Abstract


Saat memilih serta menerapkan strategi pembelajaran komponen yang perlu dipertimbangkan adalah kompetensi, bahan pelajaran, kondisi siswa, serta sarana, waktu dan ruangan. Bagi guru, strategi pembelajaran dapat dijadikan pedoman dan acuan bertindak yang sistematis dalam pelaksanakan pembelajaran. Bagi siswa, penggunaan strategi pembelajaran dapat mempermudah proses belajar. Strategi pembelajaran inovatif dapat mempermudah untuk mencapai kompetensi pembelajaran, karena mampu menarik dan membangkitkan motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan secara optimal. Kepada para guru hendaknya memiliki kemauan untuk terus belajar, terutama tentang strategi pembelajaran yang terbaru yang ditemukan para ahli pendidikan. Pada tulisan kali ini penulis menawarkan dua model strategi inovatif yang dapat menjadi solusi atas problem pembelajaran yang belum dapat mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.

Kata Kunci: ICT, Quranic Journal, Inovasi Strategi


Full Text:

PDF

References


AECT, 1977, Definisi Teknologi Pendidikan, Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT. Terj. Yusufhadi Miarso, et.al., Jakarta: Rajawali.

Bambang Warsita, 2008, Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang Dalyono, 2016, Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Mencapai Kompetensi Pembelajaran, (Semarang: Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru VII.

Goze Isno. Pembelajaran PAI Berbasis ICT, dalam http://isnoe82.blogspot.com..

Hamzah B. Uno, dan Nina Lamatenggo, 2010, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

_____________, 2007, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.

Khairatul Aini, Urgensi Penggunaan ICT bagi Guru PAI, http://suarakampus.com.

Made Wena, 2013, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Munir, 2009, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 1989, Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Nasution, S., 2005, Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, Dewi Salma., 2007, (ed.) Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudarwan Danim, 1994, Media Komunikasi Pendidikan, Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Ramayulis, 1994, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Yusufhadi Miarso, 2007, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v3i2.111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.