WEB PORTAL SISTEM INFORMASI DATA KELUARGA PADA RUKUN TETANGGA (RT)

Yesi Hairian Wenda, Goesderilidar Goesderilidar, Muhammad Hafif

Abstract


Data keluarga harus dimiliki oleh ketua Rukun Tetangga (RT) untuk mengetahui berapa kepala keluarga (KK) yang ada di wilayahnya. Data Keluarga akan bertambah dan berkurang disebabkan adanya waga baru, baik yang baru lahir maupun pindahan dari tempat lain dan berkurang jika meninggal dan pindah ke tempat lain, oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi yang akurat untuk mengetahui jumlah warga yang ada di wilayah tersebut.  maka peneliti merancang sistem informasi data keluarga yang sesuai dengan kartu keluarga (kk) menggunakan website dan database My SQL. Ketua RT akan selalu mendapatkan informasi yang akurat mengenai warganya.  Warga juga bisa melakukan perubahan data keluarga kapan saja dan dimana saja. Setiap warga mempunyai user name dan password masing-masing untuk melakukan perubahan data keluarga. Bahasa pemrograman yang digunakan HTML dan PHP karena sesuai dengan database My SQL

Kata Kunci : Kartu Keluarga, Rukun Tetangga (RT), Web Portal, PHP, MySQL


References


REFERENSI

Anhar S. 2010. Panduan Menggunakan PHP & MySql secara Otodidak, 1st Edition, Mediakita. Jakarta Selatan.

Hutahean, Jeperson. 2014. Konsep Sistem

informasi. Yogyakarta. Deepublish

Maulana, I. STRATEGI DINAS PENDAPATAN DAERAH PROVINSI KEPULAUAN RIAU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DARI BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR PIHAK KEDUA (BBNKB 2) DI KANTOR SAMSAT KOTA TANJUNGPINANG.

Lidar, G. (2017). Web Portal Pendaftaran Bea Balik Nama dan Pajak Kendaraan Bermotor Menggunakan PHP pada Samsat Rumbai. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 8(2), 1988-2000.

Nugroho, Adi. 2002. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung Informatika.

Sutabri, Tata. 2012. Konsep sistem informasi.Yogyakarta:CV Andi Offset.

Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar Teknologi Informasi Jakarta : Salemba

INFOTEK.

Suliyanto 2006. Metode Penelitian. Ghalia

Indonesia. Jakarta.

Supranto 2002. Basis Data Informatika

Bandung.

YOKOBUS TANDRA, W. I. L. L. Y., SURYAJAYA, R., LIOENEL, K., & Kurniawan, S. (2013). ANALISIS DAN PERANCANGAN PORTAL REGISTRASI SERTIFIKASI PAJAK BERBASIS WEB UNTUK BADAN PENYELENGGARA UJIAN SERTIFIKASI KONSULTAN PAJAK (Doctoral dissertation, BINUS).

Peraturan Presiden No. 96 Tahun 2018 Tentang Persyaratan dan tata cara Pendaftaran penduduk dan Pencatatan Sipil.

Undang –Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi Kependudukan.




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v1i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.