KOMPETENSI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PIAUD AISYIYAH KECAMATAN BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR

Isliyanto Isliyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kualitas pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam di PIAUD Aisyiyah Kecamatan Banko Kabupaten Rokan Hilir, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Pengukuran dilakuka terhadap 3 orang sampel guru PIAUD dengan teknik observasi, dilengkapi wawancaea serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kompetensi pengelolah kelas oleh guru PIAUD Aisyiyah Bangko dikategorikan “cukup baik” dengan angka persentase yang diperolah sebesar 63,33%. Temuan kedua, dihasilkan bahwa faktor yang mempengaruhi tingkat kualitas pengelolaan kelas oleh guru PIAUD Aisyiyah adalah Faktor pendukung: (1) Kurikulum, (2) Bangunan dan Sarana, dan (3) Dinamika Kelas. Sedangkan Faktor Penghambat: (1) tingkat pendidikan guru, dan (2) siswa. Akhirnya semoga karya ini dapat menjadi referensi ilmiah yang bermanfaat bagi semua pihak untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Kata Kunci: Pengelolaan Kelas ; Guru PIAUD.


Full Text:

PDF

References


Abd. Rahman Abdullah, 2001, Aktualisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: UII Press.

Ahmad Tafsir, 2002, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alisuf Sabri, 2002, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Anas Sujiono, 2007, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Annisa Lola, 2021, http://annisalola.blogspot.com/2015/12/rancangan-pengelolaan-kelas-dan.html diunduh tanggal 10 September 2021

E. Mulyasa, 2007, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hadari Nawawi, 2006, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Jakarta: Haji Mas Agung.

http://www.infosarjana.com/2015/03/pengelolaan-kelas-dalam-pembelajaran.html diunduh tanggal 12 September 2021

M. Arifin, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmud Yunus, 2002, Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Hidayah Agung,

Oemar Hamalik, 2002, Metodologi Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Jakarta: Tarsito.

Sudirman N. dkk., 2002, Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian, Edisi Revisi V, Jakarta: Rineka Cipta.

_______________, 2006, Pengelolaan Kelas Dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Wina Sanjaya, 2008, Perencanaan dan desain sistem pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group,

Zakiah Darajat, 2000 , Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta,




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v2i2.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.