EFEKTIFITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI BERNAS PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN
Abstract
Perpustakaan secara histori memegang peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk itu semua lembaga pendidikan hendaknya memaksimalkan fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas perpustakaan sebagai sumber belajar di SMPN Bernas Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Jenis penelitian kualitatif dalam bentuk deskripsi ini mengambil sampel 53 orang siswa dengan menyebarkan angket serta didukung oleh teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas efektifitas perpustakaan sebagai sumber belajar di SMPN Bernas Pangkalan Kerinci dikategorikan “baik” dengan angka persentase sebesar 78,62%. Hal ini hendaknya dipertahankan, namun juga perlu ditingkatkan. Temuan kedua, menunjukkkan bahwa Faktor yang mempengaruhi tingkat efektifitas pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa di SMPN Bernas Pangkalan Kerinci sehingga dapat dikategorikan “baik” adalah sebagai berikut: Faktor Pendukung: (1) Ruang perpustakaan; (2) Bahan pustaka; (3) Pustakawan; (4) Siswa yang memiliki intelektual yang tinggi; (5) Guru; dan (6) Manajemen Sekolah. Faktor Penghambat hanya satu yakni: Siswa yang memiliki intelektual yang rendah.
Kata Kunci: Efektifitas; Perpustakaan; Suber Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Anas Sujiono,2007, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Bimo Walgito, 202, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM,
Ibrahim Bafadal, 2011, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
M. Ngalim Purwanto, 2009 Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sondang P. Siagian, 2004,Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara,
Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
_______________, 2005, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teori dan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.
Sutarno NS., 2006, Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: Sagung Seto.
Syamsul Hadi, 2008, Panduan Berinternet Bagi Pemula, Tiara Aksa, Surabaya.
W. S. Winkel,2009, Psikologi Pengajaran, Grasindo, Jakarta,.
WJS Poerwadarminta, 2006, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,
Wina Sanjaya, 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010
Zakiah Darajat, 2000, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v3i1.109
Refbacks
- There are currently no refbacks.