KEBERHASILAN IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU

Zuhri Zuhri

Abstract


Guru profesional ditinjau dari fungsinya merupakan sosok yang mampu mentransfer ilmu kepada siswa dengan menggunakan metode pembelajaran terbaik, pemanfaatan teknologi terkini, mendesain administrasi pembelajaran dengan baik, membangun komunikasi dengan siswa multi arah, kemauan belajar yang tinggi, memiliki keterampilan sosial dan panutan yang baik, pengembangan diri terprogram melalui seminar, workshop, dan diklat, kreatif, inovatif melalui tulisan ilmiah dan mempublikasikannya. Jika semua ini dapat terwujudkan, maka niscaya tujuan pendidikan akan tercapai secara baik. Tentu saja untuk mewujudkan profesional guru perlu usaha yang serius melalui program pembinaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keberhasilan pelaksanaan program pembinaan profesionalisme guru. Menggunakan metode penelitian kualitatif dalam bentuk studil iteratur dengan teknik meta analisis jurnal.

Kata Kunci: Keberhasilan, Program Pembinaan, Guru Profesional.


Full Text:

PDF

References


Abd. Hamid, 2016, Implementasi Kompetensi Guru Dalam Evaluasi Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah Al-Balad Kamande. J-Alif Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Budaya Islam; Vol. 1, No. 1, Nopember 2016.

Ade Cahyana, 2010, Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Dalam Menghadapi Sertifikasi, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 1, Januari 2010.

Ahmad Tafsir, 2001, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ali Imron, 1995, Pembinaan Guru di Indonesia, Jakarta: Pustaka Jaya.

Andi Irwan Benardi dan Yudanti Anika Romadhoni, 2018, Evaluasi Kompetensi Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Geografi dan IPS di SMPN 1 Karimunjawa, MTs dan MA NU Safinatul Huda Pulau Karimunjawa, Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Volume 4, Number 1, Juni 2018.

Andi Irwan Benardi, 2013, Journal of Educational Research and Evaluation, Evaluasi Kompetensi Profesionalisme Guru Geografi Sma Negeri di Kabupaten Semarang, Vol. 2 No. 2.

Arif Rahman, 2009, Pembinaan Profesional Guru Smk (Kajian Kualitatif Pada Smk Di Bandung), Jurnal Tabularasa PPs Unimed Vol.6 No.1, Juni 2009.

Cantika Fransiska,2016, Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep, Jurnal Office, Vol. 2 No.2, 2016.

Cipto Subadi, Model Pembinaan Pendidik Profesional (Suatu Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah, Pendidikan Geografi; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo) Tahun ke 3.

Cut Fitriani, Murniati AR., Nasir Usman,2017, Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran dI MTs Muhammadiyah Banda Aceh, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan; Volume 5, No. 2, Mei 2017.

Depdikbud, 2000, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Gibson, JL, John M. Ivancevch, and JH. Donnely, Ir, 1997, Organisasi: Perilaku, Struktur, dan Proses,Terjemahan Agus Dharma, Jakarta: Erlangga.

Hamka Lodang, Andi Asmawati Azis, Muhiddin Palennari, dan Rachmayani Ardiansyah, 2013, Analisis Kompetensi Profesional Guru Biologi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Makassar, Jurnal Bionature, Volume 14, Nomor 1, April 2013.

I.G.N. Darma Suarya, N. Santiyadnya, I P. Suka Arsa, 2018, Studi Evaluasi Profesionalisme Guru Prakarya Dan Kewirausahaan Ditinjau Persepsi Siswa Xi Mia Sman 4 Singaraja, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol. 7 No. 1, April 2018.

Ibrahim Bafadal, 2006, Peningkatan Profesional Guru Sekolah Dasar: dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Jamaludin Idris, 2005, Analisis Kritis Mutu Pendidikan, Yogyakarta: Suluh Press.

Mas Ning Zahroh, Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur, SMP Syahid 1 Jakarta.

Mijahamuddin Alwi, 2009, Peran Kelompok Kerja Guru (Kkg) Dalam Meningkatkan Profesional Guru Sains Sekolah Dasar Kecamatan Suralaga, Jurnal EducatiO Vol. 4 No. 2, Desember 2009.

STKIP Hamzanwadi Selong, 2013, MODUL I: BAHAN AJAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROFESI GURU (PLPG).

Oemar Hamalik, 2006, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.

Pupah Mustika, Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pembinaan Guru Terhadap Disiplin Kerja Dalam Mewujudkan Mutu Pelayanan Pendidikan Jurnal Pendidikan Universitas Garut; Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan; Universitas Garut.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang SISDIKNAS 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2006.




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v3i2.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.