ANALISIS IMPLEMENTASI KONSEP MANUSIA DALAM AL-QUR’AN PADA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL-AZHAR PEKANBARU
Abstract
Hakekat manusia dalam konsep Islam adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, memiliki berbagai potensi untuk tumbuh berkembang menuju kepada kesempurnaan. Konsep Islam dalam Al-Quran tentang hakekat manusia berdasarkan ungkapan kata al-basyar, al-insan, an-nas, dan bani Adam atau dzuriyyat Adam, sebagaimana disebutkan di atas memberikan gambaran keseimbangan antara hak dan kewajiban manusia sebagai individu, sosial, budaya, dan makhluk Allah SWT. Kondisi demikian menempatkan manusia secara seimbang antara teosentris dan antroposentris. Konsepsi tentang manusia tersebut apakah sudah dipahami secara baik dan dalam sebuah lembaga pendidikan? Riset lapangan ini menganalisis implementasi konsep hakikat manusia menurut Al-Qur’an pada penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Tingga Agama Islam (STAI) Al-Azhar Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa STAI Al-Azhar Pekanbaru dalam statutanya yang menjadi dasar penyelenggaraan pendidikan Islam yang dilaksanakan telah sesuai dengan konsepsi manusia menurut Al-Qur’an. Konsep yang menjadi muatan penyelenggraan pendidikan oleh STAI Al-Azhar Pekanbaru yang dirumuskan dan dilaksanakan adalah (1) Penyelenggaraan sistem pendidikan dalam pengembangan kesatuan qalbiyah dan aqliyah menuju manusia yang cerdas dan berakhlak; (2) Pengembangan potensi yang dimiliki manusia sehingga melahirkan hard skills dan soft skills secara maksimal; (3) Pengembangan pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan dan budaya Islam; (4) Pengembangan teori dengan memperhatikan aspek kewahyuan, empirik, dan filosofis; (5) Partisipasi aktif pada pengabdian masyarakat.
Kata Kunci: Implementasi, Manusia, Al-Qur’an
Full Text:
PDFReferences
Abd. Rahman Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
Abdullâh Nashih Ulwan, Tarbiyah al-Aulad fi Islâm Vol.II, Mesir, Dar as-Salâm
Abî ‘Abdillâh Ibn Muhammad Ibn Ahmad Ibn Abî Bakr al-Qurtubî, al-Jâmi’ li ahkam al-Qur’ân, Beirut : Mu’asah al-Risâlah, 1993
Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan Tafsir al-Ayah al-Tarbawi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosyda Karya, 2005
Ali Syariati, Sosiologi Islam, Jakarta: Ananda, 1982
Al-Baqi, Fu’ad Abdul. Al-Mu’jam Al-Mufahras li Al-Alfaz Al-Quran La-Karim, Qahirah: Dar Al-Hadits, 1988
Al-Ghazzali, Ihya’ ‘Ulumuddin, diterjemahkan oleh Mohd. Zuhri, Muqoffin Muctar, Muqorrobin Misbah, Semarang: Penerbit Asy Syifa, 2003
Amir Syarifuddin, Garis-Garis Besar Fiqih, Jakarta: Kencana, 2013
Hannan Athiyah at-Thurî, al-Daur at-Tarbawî li al-Walidain fi Tansyi’ah al-Fattâh al-Muslimah fi Marhalah ath-Thufûlah Vol.I, Terj. Aan Wahyudin, Jakarta: Amzah.
Ibnu Manzhûr al-Afriqî, Lisan al- ‘Arab, Cet.I, Vol.II,Beirut: Dâr Shâdîr, 1410 H
Ibn Munzhir, Lisan Al-Arab, Mesir: Dar Al-Mishriyah, Juz VII, 1992Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Cet. 6 – Bandung: Remaja Rosyda Karya, 2005
Kadri, Konsep Islam Tentang Tuhan, Manusia dan Alam Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam, Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1, Januari-Juni 2011
M. Quraish Shihab, Ensiklopedia al-Qur’ân: Kajian Kosakata , Jakarta: Lentera Hati dan YPI, 2007
Mastuki Hs dan Lathifatul Hasanah, Jurnal Al-hikmah Vol. 8, No. 1, April 2011
Miftah Syarif, Hakekat Manusia dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam, Jurnal Al-Thariqah Vol. 2, No. 2, Desember 2017
Mualimin, Konsep Fitrah Manusia dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam, Jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, No. II 2017
Mubarak Bakri, Hanif Dalam Konsep Al Quran, Jurnal Rausyan Fikr, Universitas Islam Makassar Vol. 15 No. 1 Juni 2019
Muhammad Faiz Al Afify, Konsep Fitrah dalam Psikologi Islam, Jurnal Tsaqofah Volume 14, Number 2, November 2018
Mujiono, Manusia Berkualitas menurut al-Qur’ân, Hermeunetik, Vol.7 No.2 Desember 2013
Munzir Hitami, Mengonsep Kembali Pendidikan Islam, Pekanbaru: Infinite Press, 2004
____________, Rekonseptualisasi Pendidikan Islam, Pekanbaru: Susqa Press, 2001
Najih Anwar, Ayat-ayat tentang Masyarakat;Kajian Konsep dan Impliksinya dalam pengembangan Pendidikan Islam, Halaqa Islamic Journal Vol.2 No.2 Desember 2018
Nur Uhbiyati, Long Life Education; Pendidikan Anak sejak dalam Kandungan sampai Lansia, Semarang: Walisongo Press, 2009
Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1985
Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan Islam dan Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta: Kalam Mulia, 2011
Said Sabiq, Fiqih Sunnah, Jilid I, Jeddah: Al-Khidmatul Hadistah, 1365 H.
Sardiman A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2010
Shalih Ghanim al-Sadlan, al-Iktiyar fi az-Zawwaj wa Atsaruhu fi Tarbiyah al-Aulâd, dalam majalah al-Jundi al-Muslim, Edisi 52, tahun ke-16, tahun 1409
Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Kuliah Ibadah, Ibadah Ditinjau Dari Segi Hukum dan Hikmah, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2010
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v3i2.131
Refbacks
- There are currently no refbacks.