ANALISIS IMPLEMENTASI KONSEP MANUSIA DALAM AL-QUR’AN PADA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL-AZHAR PEKANBARU

Zamsiswaya Zamsiswaya

Abstract


Hakekat manusia dalam konsep Islam adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, memiliki berbagai potensi untuk tumbuh berkembang menuju kepada kesempurnaan. Konsep Islam dalam Al-Quran tentang  hakekat  manusia berdasarkan ungkapan  kata al-basyar,  al-insan,  an-nas, dan bani Adam  atau  dzuriyyat Adam, sebagaimana disebutkan di atas memberikan gambaran keseimbangan  antara  hak  dan  kewajiban   manusia sebagai  individu,     sosial,     budaya,  dan makhluk   Allah   SWT.   Kondisi   demikian menempatkan  manusia  secara  seimbang antara  teosentris dan antroposentris. Konsepsi tentang manusia tersebut apakah sudah dipahami secara baik dan dalam sebuah lembaga pendidikan? Riset lapangan ini menganalisis implementasi konsep hakikat manusia menurut Al-Qur’an pada penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Tingga Agama Islam (STAI) Al-Azhar Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa STAI Al-Azhar Pekanbaru dalam statutanya yang menjadi dasar penyelenggaraan pendidikan Islam yang dilaksanakan telah sesuai dengan konsepsi manusia menurut Al-Qur’an. Konsep yang menjadi muatan penyelenggraan pendidikan oleh STAI                Al-Azhar Pekanbaru yang dirumuskan dan dilaksanakan adalah                  (1) Penyelenggaraan sistem pendidikan dalam pengembangan kesatuan qalbiyah dan aqliyah menuju manusia yang cerdas dan berakhlak;                 (2) Pengembangan potensi yang dimiliki manusia sehingga melahirkan hard skills dan soft skills secara maksimal; (3) Pengembangan pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan dan budaya Islam; (4) Pengembangan teori dengan memperhatikan aspek kewahyuan, empirik, dan filosofis; (5) Partisipasi aktif pada pengabdian masyarakat.

 

Kata Kunci: Implementasi, Manusia, Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abd. Rahman Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Abdullâh Nashih Ulwan, Tarbiyah al-Aulad fi Islâm Vol.II, Mesir, Dar as-Salâm

Abî ‘Abdillâh Ibn Muhammad Ibn Ahmad Ibn Abî Bakr al-Qurtubî, al-Jâmi’ li ahkam al-Qur’ân, Beirut : Mu’asah al-Risâlah, 1993

Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan Tafsir al-Ayah al-Tarbawi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosyda Karya, 2005

Ali Syariati, Sosiologi Islam, Jakarta: Ananda, 1982

Al-Baqi, Fu’ad Abdul. Al-Mu’jam Al-Mufahras li Al-Alfaz Al-Quran La-Karim, Qahirah: Dar Al-Hadits, 1988

Al-Ghazzali, Ihya’ ‘Ulumuddin, diterjemahkan oleh Mohd. Zuhri, Muqoffin Muctar, Muqorrobin Misbah, Semarang: Penerbit Asy Syifa, 2003

Amir Syarifuddin, Garis-Garis Besar Fiqih, Jakarta: Kencana, 2013

Hannan Athiyah at-Thurî, al-Daur at-Tarbawî li al-Walidain fi Tansyi’ah al-Fattâh al-Muslimah fi Marhalah ath-Thufûlah Vol.I, Terj. Aan Wahyudin, Jakarta: Amzah.

Ibnu Manzhûr al-Afriqî, Lisan al- ‘Arab, Cet.I, Vol.II,Beirut: Dâr Shâdîr, 1410 H

Ibn Munzhir, Lisan Al-Arab, Mesir: Dar Al-Mishriyah, Juz VII, 1992Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Cet. 6 – Bandung: Remaja Rosyda Karya, 2005

Kadri, Konsep Islam Tentang Tuhan, Manusia dan Alam Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam, Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1, Januari-Juni 2011

M. Quraish Shihab, Ensiklopedia al-Qur’ân: Kajian Kosakata , Jakarta: Lentera Hati dan YPI, 2007

Mastuki Hs dan Lathifatul Hasanah, Jurnal Al-hikmah Vol. 8, No. 1, April 2011

Miftah Syarif, Hakekat Manusia dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam, Jurnal Al-Thariqah Vol. 2, No. 2, Desember 2017

Mualimin, Konsep Fitrah Manusia dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam, Jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, No. II 2017

Mubarak Bakri, Hanif Dalam Konsep Al Quran, Jurnal Rausyan Fikr, Universitas Islam Makassar Vol. 15 No. 1 Juni 2019

Muhammad Faiz Al Afify, Konsep Fitrah dalam Psikologi Islam, Jurnal Tsaqofah Volume 14, Number 2, November 2018

Mujiono, Manusia Berkualitas menurut al-Qur’ân, Hermeunetik, Vol.7 No.2 Desember 2013

Munzir Hitami, Mengonsep Kembali Pendidikan Islam, Pekanbaru: Infinite Press, 2004

____________, Rekonseptualisasi Pendidikan Islam, Pekanbaru: Susqa Press, 2001

Najih Anwar, Ayat-ayat tentang Masyarakat;Kajian Konsep dan Impliksinya dalam pengembangan Pendidikan Islam, Halaqa Islamic Journal Vol.2 No.2 Desember 2018

Nur Uhbiyati, Long Life Education; Pendidikan Anak sejak dalam Kandungan sampai Lansia, Semarang: Walisongo Press, 2009

Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1985

Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan Islam dan Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta: Kalam Mulia, 2011

Said Sabiq, Fiqih Sunnah, Jilid I, Jeddah: Al-Khidmatul Hadistah, 1365 H.

Sardiman A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2010

Shalih Ghanim al-Sadlan, al-Iktiyar fi az-Zawwaj wa Atsaruhu fi Tarbiyah al-Aulâd, dalam majalah al-Jundi al-Muslim, Edisi 52, tahun ke-16, tahun 1409

Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Kuliah Ibadah, Ibadah Ditinjau Dari Segi Hukum dan Hikmah, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2010




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v3i2.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.