Pengaruh Promosi, Brand image dan KualitasxPelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Momuni Baby Shop Denpasar
Abstract
Salah satu bisnis ritel modern yang berkembang pesat di Indonesia adalah bisnis yang menyediakan keperluan bayi dan anak. Banyaknya gerai yang menyediakan perlengkapan bayi dan anak membuat persaingan bisnis baby shop semakin meningkat. Oleh karena itu, Momuni Baby Shop harus memahami perilaku konsumen dalam upaya memperoleh, menggunakan, dan menentukan suatu produk atau jasa termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut. Promosi, brand image dan kualitas pelayanan diketahui merupakan variabel yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara promosi, brand image dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Momuni Baby Shop. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Maximum Likehood Estimation (MLE) dengan teknik pengambilan sampel yaitu metode Probability Sampling menggunakan simple random sampling pada 85 responden yaitu para konsumen yang membeli maupun hanya sekedar berkunjung di toko Momuni Baby Shop. Data dianalisis dengan mempergunakan uji asumsi klasik, analisis regresi liner berganda, analisis determinasi, uji signifikansi parsial (t-test) dan uji signifikansi simultan (F-test). Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara promosi, brand image dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Momuni Baby Shop.
Kata Kunci : Promosi, Brand Image, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Abstract: The development of the modern retail business in Indonesia is increasingly showing rapid progress. One of the modern retail businesses that is growing rapidly in Indonesia is a business that provides baby and child needs. The number of outlets that provide baby and children’s equipment makes the competition in the baby shop business increase. Therefore, Momuni Baby Shop must understand consumer behavior to get, use, and determine a product or service, including the decision-making processes that precede and follow these actions. Promotion, brand image and service quality are variables that can influence purchasing decisions. Therefore, this research was conducted to know the effect of partially or simultaneously between promotion, brand image and service quality on consumer purchasing decisions at Momuni Baby Shop. The number of samples used in this study used the Maximum Likehood Estimation (MLE) technique with the sampling technique, namely the Probability Sampling method using simple random sampling on 85 respondents, namely consumers who bought or just visited the Momuni Baby Shop. Data were analyzed using classical assumption test, multiple linear regression analysis, analysis of determination, partial significance test (t-test) and simultaneous significance test (F-test). The results show that there is a positive and significant influence either partially or simultaneously between promotion, brand image and service quality on consumer purchasing decisions at Momuni Baby Shop.
Keywords : Promotion, Brand Image, Quality of Service, Purchasing Decision
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. R. (2015). Metode penelitian kuantitatif. Untuk : Ekonomi, Manajemen, Komunikasi, dan Ilmu Sosial lainnya, Cetakan 1. Yogyakarta : Aswaja.
Dharmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2016). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE UGM.
Diputra, G. I. S., & Yoga, G. A. D. M. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Indomarco Pratama Denpasar Bali. Widya Manajemen, 2(2), 69-80.
Enayanti, N. M., & Sukanti, N. K. (2023, Januari). Pengaruh citra merk dan celebrity endorsment terhadap keputusan pembelian produk skincare wardah pada generasi z (studi kasus di kota denpasar). In Forum Manajemen (Vol. 21, No. 1, pp. 1-6).
Farahdiba, D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22-38.
Handoko, Hani, T. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.
Hendrayani, E., Sitinjak, W., Kusuma, G. P. E., Yani, D. A., Yasa, N. N. K., Chandrayanti, T., & Hilal, N. (2021). Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep). Media Sains Indonesia.
Hermawan, S., & Amirullah, A. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang : Media Nusa Creative.
Indratama, A. B., & Artanti, Y. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1-12.
Naufal, A. R., & Magnadi, R. H. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rahma Rahmi Collection). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 197-205.
Puspayani, N. W., & Sukanti, N. K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Anggota Pada KSP. Artha Gemilang Kencana Di Kabupaten Gianyar. IndraTech, 4(1), 38-48.
Santoso, S. (2012). Statistik Parametik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Sari, D. C., Wardhana, A., Darwin, M., Sulaiman, E., Rahmawan, G., Ridwan, M., & Sangadji, S. S. (2021). Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
Shimp, T.A. (2003). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Bahasa Indonesia, jilid 1, edisi 5. Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v4i2.137
Refbacks
- There are currently no refbacks.