RANCANG BANGUN WEBSITE AUTISM CENTER ANAK CEMERLANG MENGGUNAKAN WORDPRESS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan asesmen untuk layanan pendidikan anak autis di Sekolah Autism Center Sekolah Cemerlang Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Bernard Rimland, Ph.D. & Stephen M. Edelson, Ph.D. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) pelaksanaan asesmen di Autism Center Anak Cemerlang terbagi ke dalam tiga tahapan yaitu a) persiapan koordinasi dengan orangtua, persiapan guru pengampu dan instrumen; b) pengumpulan data asesmen, mencakup metode dan instrumen yang digunakan; dan c) tindak lanjut hasil asesmen mencakup: penyusunan profil asesmen, 2) tim asesmen menghadapi beberapa kendala baik yang muncul dari orangtua, siswa,, maupun dalam teknis pelaksanaannya. Untuk mempermudah pelaksanaannya maka penulis merancang website Autism center Sekolah Cemerlang menggunakan aplikasi Wordpress , Orang tua bisa mengisi kuesioner kapan saja dan dimana saja dan di assessment oleh pihak sekolah secepatnya karena sistem assesmen yang online dan realtime
Kata kunci: Asesmen, Autism center, Website, wordpress.
Full Text:
PDFReferences
Balebengong,, Pengertian Website, webhosting dan domain name, Available:
http://www.baliorange.web.id/pengertian-websitewebhosting-domainname ( Accessed: 27 Mar.2013).
Budiarto, Raden, Wordpress, Not just A blog!, Yogyakarta: Andi, 2010
Daimler, Yohanes Christomas, Pengenalan cPanel yang terdapat dalam html, 2012
California Departemen of Developmental Service.(2002). Autism Spectrum Disorders:Best Practice Guidelines for Screening, Diagnosis and Assessment. Diakses dari http://www.dds.ca.gov/Autism/docs/ ASD_Best_Practice2002.pdf pada tanggal 15 Februari 2016 pukul 19.38 WIB
Hamid Darmadi.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Kopendium Indonesia.(2010). Perjanjian, Hukum dan Peraturan Menjamin Semua Anak Memperoleh Kesamaan Hak Untuk Kualitas Pendidikan Dalam Cara Inklusif.Edisi Keempat. Diakses dari http://www.idp- europe.org/docs/Compendium_Indonesia_i ndonesia_4.pdf pada tanggal 13 Februari 2016 pukul 08.54 WIB
Mumpuniarti, dkk.(2014). Peningkatan Ketrampilan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus untuk Guru Sekolah Luar Biasa. Laporan Program Pengabdian Pada Masyarakat. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Yogyakarta.
Naila Rashid.(2012).Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children with Disabilities. Germany: LAP LAMBERT Academic Publishing.
Nani Triani.(2012). Panduan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PT Luxima Metro Media
Pierangelo, Roger & Guiliani, George A.(2009).Assesment in Special Education: a Practical Approach. 4th Edition. United States of America: Pearson
Pierangelo, Roger & Guiliani, George A.(2013).Assesment in Special Education: a Practical Approach. 4th Edition. Singapore: Pearson Education South Asia
Tjutju Soendari.(2009).Asesmen sebagai Dasar PenyusunanProgram Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus.Makalah.Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195602141980032- TJUTJU_SOENDARI/Makalah/Asesmen_makalah_.pdf pada tanggal 8 November 2015 pukul 15.50 WIB
Goesderilidar, G. (2021). Membangun website Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK Indragiri menggunakan WordPress. IndraTech, 2(1), 62-69.
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v4i1.144
Refbacks
- There are currently no refbacks.