HISTORI MODEL PENDIDIKAN ISLAM

Muhammad Amin

Abstract


Pada kitab al-Qur’an, termuat konsep-konsep, prinsip-prinsip, aturan-aturan, keterangan-keterangan, kaidah-kaidah serta dasar-dasar ajaran yang sifatnya menyeluruh. Hal-hal tersebut juga memiliki sifat ijmali maupun tafsili, serta eksplisit maupun implisit. Kesempurnaan Al-Qur’an tentu harus direalisasikan dalam penyelenggaraan pedidikan.Sejalan dengan ini Ahmad Tafsir menjelaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan harus diarahkan pada peningkatan keimanan, dan harus menjadi core value dalam setiap kebijakan. Keimanan dan ketakwaan harus menjadi sebuah core value pada seluruh aspek dan domain pendidikan. Bagaimana realisasi dari konsep pendidikan Islam di lapangan, apakah sepanjnag histori Islam dapat direalisasikan secara baik. Menjawab nasara ini, maka dilakukanlah kajian kepustakaan tentang model pendidikan Islam dari masa ke masa yang semoga memberikan gambaran untuk di i’tibari dengan terus berkemajuan untuk peningkatan mutu pendidikan Islam.


Keywords


Histori; Model; Pendidikan Islam

References


Abdul Wahab Khalaf, ‘Ilm Ushul al-Fiqh, Kuwait: Dar al-Qalam, 1983

Abdurrahman An-Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press. Abudin Nata, 1999

Abu Anwar, Ulumul Qur’an, Jakarta: Amzah, 2009

Agus Setiawan, Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam: Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji, dalam Jurnal Dinamika Ilmu, Vol 14 No 1, 2014

Ahmad al-Syirbashiy, Qishshat al- Tafsir, Kairo: Dar al-Qalam, 1962

Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010

Armai Arief, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Penerbit Angkasa, 2005

Athiyya Al Abrasi, Tarbiyah Al-Islamiyah, terj. Bustami A.Ghani, Jakarta: Bulan Bintang, 1993

Darmawati & Parno, Analisis pengembangan kurikulum berbasis kompetensi (studi kurikulum program studi muamalah jurusan syariah dan ekonomi Islam STAIN Samarinda. dalam Jurnal FENOMENA Vol 5 No 2, 2013

Djaelani Timur, Kebijaksanaan Peminaan Kelembagaan Agama Islam, Jakarta: Dirjen Binbaga Islam, 1982

Guntur Cahaya Kusuma, Pemberdayaan Pendidikan Islam dalam Upaya Mengantisipasi Kehidupan Masyarakat Modern, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, 20175

Haekal, Sejarah Hidup Muhammad, Terj. Ali Audah, Jakarta: Tintamas, 1972

Hamzah, Syeh Hawib. Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kog-nitif, Afektif, Psikomotorik, dalam Jurnal Dinamika Ilmu, Vol. 12 No. 1, 2012, hlm. 50

Hasan Asari, Menyingkap Zaman Keemasan Islam, Bandung: Mizan, 1994

M. Ira Lapidus, Sejarah Sosial Umat Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 1999

Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam dari zaman Nabi SAW Khalifah-khalifah Rasyidin, Bani Umaiyah dan Abbasiyah sampai zaman Mamluks dan Usmaniyah, Jakarta: Hidakarya Agung, 1990

Maksum, Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2010

Miftakhul Muthoharoh, Wajah Pendidikan Islam di Spanyol pada Masa Daulah Bani Umayyah, Tasyri’: Vol 25, Nomor 2, 2018

Moh Rifai, Fiqih Islam Lengkap, Semarang: Karya Toha Putra, 1978

Mukhamad Ilyasin, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Urgensinya dalam Implementasi otonomi Sekolah, dalam Jurnal Dinamika Ilmu, Vol. 6 No. 1, 2006

Soekarno dan Ahmad Supardi, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Angkasa Bandung, 1990

Sophia Azhar, Prosfek Islam dalam Menghadapi Tantangan Zaman, Jurnal Auladuna Vol. 6 No. 2, 2017, UIN Alauddin Makassar.

Syafiyyur Rahman al-Mubarakfury, Sirah Nabawiyyah, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2000

Zainal Abidin Ahmad, Riwayat Hidup Ibn Rusyd, Jakarta: Bulan Bintang, 1975


Refbacks