KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ADABU AL ALIM WA AL MUTA’ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI

Zainul Muflihin

Abstract


Indikator kompetensi guru dalam a Adabu Al Alim Wa Al Muta’allim pada Kitab Irsyadu Al Sari karya KH. Hasyim Asy’ari secara umum telah mengungkap hampir seluruh kriteria kompetensi guru yang disyaratkan pemerintah pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Sungguh pemikiran yang cemerlang dari beliau. Kelemahan dari konsep kompetensi guru yang diungkapkan oleh KH. Hasyim Asy’ari hanya pada ketidakjelasan dalam pemanfaatan teknologi, cara peningkatan keilmuan pendidik, dan cara berkomunikasi serta berkoordinasi dengan teman sejawat atau para guru yang lainya. Implemntasi kompetensi guru dalam adabul alim wal muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari menempatkan guru sebagai pemain multi peran dengan tugas yang amat bervariasi. Namun yang terpenting menurut KH. Hasyim Asyari adalah pengembangan kepribadian dan pembentukan kepribadian anak didik. Oleh karena itu guru harus mampu menjadi uswatun hasanah dengan mengaplikasikan multi perannya sebagai  (a) Pengarah dan menjaga kesucian baik fisik maupun psikis, (b) Pembuat suasana nyaman dalam pembelajaran, (c) Pengatur Materi Pembelajaran,  (d) Mengasihi dan menyayangi peserta didik. Pengembangan kompetensi kepribadian guru dilakukan melalui pembiasaan, mencontoh pimpinan, mempersiapkan diri menjadi pemimpin, memahami bahwa sedang diawasi, dan tekad yang kuat untuk memajukan lembaga pendidikan Islam.

 

Kata Kunci: Kompetensi, Guru, KH. Hasyim Asy’ari


Full Text:

PDF

References


Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatul aulad fil Islam, Depok: Fathan Prima Media, 2016.

Al-Ghazali, Mukhtashar Ihya’ Ulumuddin, terj. Abdul Rosyad Shiddiq, Jakarta: Akbar Media, 2008,

Al-Ghazali, Ihyâ ‘ulûm al-Dìn, juz I, Kairo: Mushthafa al-Bâbi al-Halabi, 1939

Asep umar Fahruddin, Menjadi Guru Favorit, Yogjakarta: Diva Press. 2010.

Dewi Setiyaningsih, Peran Etika dan Profesi Kependidikan dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Calon Guru SD, Jurnal Holistika, Volume IV Nomor 1 Mei 2020

Djaelani Timur, Kebijaksanaan Peminaan Kelembagaan Agama Islam, Jakarta: Dirjen Binbaga Islam, 1982

Enung Fatimah, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Pustaka Setia, Bandung, 2010.

Enung Fatimah, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Pustaka Setia, Bandung, 2010.

Fathur Rohman, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Madani, Malang, 2015, Hamiyah, N. Dan M. Jauhar, Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2014.

Guntur Cahaya Kusuma, Pemberdayaan Pendidikan Islam dalam Upaya Mengantisipasi Kehidupan Masyarakat Modern, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, 2017

Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru, 2003.

Hermansyah, Etika Guru Sebagai Pendidikan yang Mendasar Bagi Siswa, Jurnal Fitrah, Volume 10 Nomor 2, 2019

Hilda Taba. 1962. Curriculum Development Thepry and Practice, New York: Harcourt, Brace & World Inc., 1962

Munzir Hitami. 2001. Rekonseptualisasi Pendidikan Islam, Pekanbaru: Susqa Press

Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Omar Mohammad Al-Toumy Asy-Syaibani, Filsafat Pendididkan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 1994

Rofa’ah, Pentingnya Kompetensi Guru dalam kegiatan pembelajaran dalam perspektif Islam, Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Sunarti, Etika Pendidik dan Relevansinya Dengan Kompetensi Kepribadian Guru, Jurnal Turatsuna, Volume 21 Nomor 1 Agustus 2019

Suwendi, Konsep Pendidikan KH. Hasyim Asy’ari, Jakarta: Lekdis, 2005

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka cipta, 2000.

Walter Rinaldy, AnalisisIsi (Content Analysis), http://rinaldy-tuhumury.blogspot. co.id/2012/07/analisis-isi-content-analysis. html, diakses tanggal 16 November 2021

Zakiah Derajat, dkk, Pendidikan Islam Keluarga dan Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v5i1.161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.