MENILAI KEGUNAAN DAN EFEKTIVITAS SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN: PENDEKATAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)

Khairil Hamdi, Lakry maltaf Putra, Haddad Sammir, Dilson Dilson, Zal Vinaldi

Abstract


Penilaian kegunaan dan efektivitas sistem penunjang keputusan merupakan aspek kritis dalam memastikan bahwa sistem tersebut dapat memenuhi kebutuhan penggunanya secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegunaan dan efektivitas dari sistem penilaian pegawai menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Sistem ini dirancang untuk memberikan evaluasi berdasarkan enam alternatif dan enam kriteria, dengan fokus pada pengukuran kepuasan pengguna terhadap fungsionalitas dan keandalan sistem. Dalam studi ini, data dikumpulkan dari 36 pegawai di lingkungan Kecamatan, dengan hasil penilaian menunjukkan skor tertinggi sebesar 97,5 untuk alternatif personal dengan kode ASN2 (A2). Evaluasi dilakukan dengan mengukur respons pengguna terhadap berbagai aspek sistem melalui kuesioner SUS, yang memberikan gambaran menyeluruh mengenai tingkat kegunaan sistem.

Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem penunjang keputusan ini memiliki tingkat kegunaan yang sangat tinggi menurut kriteria SUS, dengan skor tertinggi menunjukkan penerimaan dan kepuasan pengguna yang baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa sistem penilaian pegawai efektif dalam mendukung proses pengambilan keputusan dan memberikan nilai tambah signifikan bagi pengelolaan pegawai di lingkungan Kecamatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan SUS sebagai alat evaluasi memberikan wawasan berharga tentang efektivitas sistem penunjang keputusan, dan menyarankan implementasi lebih lanjut untuk meningkatkan kegunaan sistem berdasarkan umpan balik pengguna.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan (SPK),Penilaian PNS (Pegawai Negeri Sipil), System Usability Scale (SUS)

 


Full Text:

PDF

References


Brooke, J. (1995). SUS: A quick and dirty usability scale. Usability Eval. Ind., 189.

Carolina, M. S. A. S. B. O. L. I. (2022). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Smartphone Entry Level Sebagai Penunjang E-Learning. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 188–201. http://journal.thamrin.ac.id/index.php/jtik/article/view/1145/pdf

D., S. (2010). Sistem Penunjang Keputusan Dengan Dukungan Sistem Basis Data Fuzzy Model Tahani Untuk Pembelian Rumah Perumnas. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, Vol 1 No 1 (2010), 27–50. http://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jikb/article/view/33

Davis, F., & Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13, 319. https://doi.org/10.2307/249008

Lewis, James, & R., J. (1995). IBM Computer Usability Satisfaction Questionnaires: Psychometric Evaluation and Instructions for Use. International Journal of Human-Computer Interaction, 7, 57. https://doi.org/10.1080/10447319509526110

Lewis, Jim, & Sauro, J. (2012). A New Formula for Quantitative UX Decision Making. UX Magazine. https://uxmag.com/articles/a-new-formula-for-quantitative-ux-decision-making

Nielsen, J. (1994). Usability Engineering. Elsevier Science. https://books.google.co.id/books?id=95As2OF67f0C

Sapitri, I. E. S. M. W. (2020). Sistem Penunjang Keputusan Sistem Operasi Untuk Layanan E-Mail Server Dengan Pendekatan Analytical Heirarchy Proses (AHP). CICES (Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science), Vol 6 No 1 (2020): CICES, 44–58. https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cices/article/view/876/705

Shneiderman, B., & Plaisant, C. (2010). Designing the user interface: strategies for effective human-computer interaction. Pearson Education India.

Turban, E., Sharda, R., & Delen, D. (2011). Decision Support and Business Intelligence Systems. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=T7WHQgAACAAJ




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v5i1.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.