MODEL OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN SOFT SKILLS GURU PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Apridayani Apridayani, Idi Warsah, Murniyanto Murniyanto

Abstract


Pembinaan dan pengembangan profesioal guru semestinya dilaksanakan menyeluruh, bukan lah terfokus pada pengembangan kompetensi, tetapi juga termasuk aspek soft skills guru. Sesuai dengan hasil studi awal, selama ini tampaknya secara khusus di berbagai sekolah pada lembaga pendidkan Islam belum ada program yang memfokuskan pada program pemberdayaan soft skills guru. Untuk itulah diperlukan upaya perancangan pola model pemberdayaan soft skills guru pala lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian melalui kajian kepustakan dengan pendekatan design model program telah menghasilkan desain program berupa Pola Oval Startegi Pemberdayaan Soft Skills Guru.  Pola strategi ini dibagi pada dua bagian. bagian pertama sebagai pendesain serta pelaksana program adalah kepala sekolah yang berkoordinasi dengan Kementerian Agama, pengawas madrasah, serta lembaga diklat yang dapat mendukung progam. Bagian pertama ini merupakan penopang tegaknya atau terlaksananya aktivitas optimalisasi pemberdayaan yang digambarkan dalam bentuk peta atau pola oval yang merupakan bagian kedua dari gambar. Pada bagian kedua seluruh materi pemberdayaan soft skills guru saling terkait dan harus dibina secara holistik dan kontiniu dalam proses diklat maupun kegiatan selain diklat.

 

Kata Kunci: Model, Optimalisasi, Soft Skills

Full Text:

PDF

References


A.HARDIANTI1, SUHARTI2, PURNAMAWATI3 Pendidikan. “PENTINGNYA MANAJEMEN PEMBELAJARAN CRITICAL THINGKING SKILL PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)” 2, no. 2 (2022): 106–15.

Afiah, Khoniq Nur, Ayna Jamila Salsabila, Universitas Gajah, and Mada Yogyakarta. “Mentoring Sebaya Sebagai Strategi Dan Inovasi Pemberdayaan : Analisis Program Peningkatan Soft Skill Santri Putri Pondok Pesantren Di Yogyakarta,” n.d., 77–101.

Armita Dwi Lestari1, Zaini Dahlan2, Siti Srdianti. “Kewibawaan Guru PAI Dalam Mengembangkan Soft Skill Siswa Di SMP IT Nurul Ilmi Deli Serdang 1,2,3” 5, no. 2 (2024): 16–24.

Azam, Jurmas, and Insan Cendikia. “PENDIDIKAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL UNTUK MENINGKATKAN” 3, no. 2 (2024): 183–89.

Azmi, Fuadi, Ris Rusli, and Kemas Badaruddin. “Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang,” 2023. https://doi.org/10.30868/ei.v2i02.4773.

Badaruddin, Muhammad. “Implementasi Pendidikan Soft Skills Dalam Membentuk Moralitas Siswa Madrasah,” 2019, 183–96.

Era, Pendidikan D I. “OPTIMALISASI SOFT SKILL PADA LEMBAGA” 2, no. 4 (2023): 872–82.

Pondok, Yayasan, Pesantren Madinatul, and Ulum N W Mumbang. “Soft Skill Bagi Pengajar Pendidikan Agama Islam ( PAI ): Sebuah Studi Pustaka Sapriadi Dengan Orang Lain ( Interpersonal Skills ) Dan Keterampilan Dalam Mengatur Dirinya Sendiri” 11, no. 2 (2022): 113–22.

Putro, Setyanto, and Koes Yuliadi. “Pengaruh Pemberdayaan , Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kinerja Karyawan Sanggar Seni Di Yogyakarta” 7, no. 2 (2022): 320–25.

Studi, Jurnal, and Pendidikan Islam. “MANAJEMEN PEMBERDAYAAN GURU DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Received : Mar 30” 2, no. 2 (2019): 172–89.

Suryati, Lili, Wakhinuddin Simatupang, Dedy Irfan, Mukhlidi Muskhir, and Teknologi Informasi. “OPTIMASI IMPLEMENTASI SOFT SKILL BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BAGI GURU KEJURUAN” 4 (2023): 90–99.

Wahyudi, Dedi, and Nikma Pujiana Safitri. “Implementation of Aqidah Akhlak Learning Through Soft Skill Development-Based Learning Methods” 6 (2022): 94–120.

Widiyarto, Sigit. “PERANAN SOFT SKILL DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Sigit” 6, no. 2 (2017): 31–38.

Widjanarko, Bagoes, Priyadi Nugraha Prabamurti, Syamsulhuda Budi Musthofa, Besar Tirto, Ratih Indraswari, and Teguh Wibowo. “Optimalisasi Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Hidup Sehat” 1, no. 2 (2022).

Zarah, Jihan Annisa, and Aisyah Harianto. “Memberdayakan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam” 6, no. 3 (2023): 1060–67.




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v5i1.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.