STRATEGI REWARD DAN PUNISHMENT PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT AL-QUR’AN
Abstract
Setiap pendidik sangat diharuskan memahami konsep reward dan punishment perspektif Al-Quran. Namun pada kenyataannya masih saja terdapat pendidik yang gagal dalam mengimplementasikannya. Penelitian berjenis studi kepustakaan ini menghasilkan temuan; Pertama, Konsep strategi reward dan punishment perspektif Al-Quran terdapat dalam banyak ayat pada surat yang berbeda. Konsep strategi reward perspektif Al-Quran terdapat pada istilah (1) tsawaab, (2) ‘ajr, (3) targhiib, dan (4) jazaa’. Sedangkan konsep strategi punishment terdapat pada istilah adalah (1) iqaab, (2) adzaab, (3) hudud, rijz, dan (4) tarhiib. Kedua, Implementasi strategi reward pespektif Al-Quran dalam proses pembelajaran adalah (1) Mendoakan peserta didik, (2) Memberikan pujian, (3) Memberikan kemudahan, (4) Memberikan kasih sayang, dan (5) Memanggil peserta didik dengan panggilan yang baik. Sedangkan impelementasi strategi punishment dalam proses pembelajaran di SLTP adalah (1) Memberi nasehat, (2) Memberi tugas peningkatan keilmuan dan ibadah, (3) Memberi nilai kurang pada setiap pelanggaran (4) Memberi peringatan bertahap, (5) Menjerakan siswa, dan (6) Pemberian sanksi fisik yang mendidik. Akhirnya disarankan kepada pendidikan akan pentingnya penggunaan reward dan punishment secara tepat sehingga dapat menunjang menunjang kelancaran proses pendidikan. Catatan lainnya strategi punishment berupa sanksi fisik, boleh digunakan ketika alternatif lain sudah tidak mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi, namun tetap saja harus diperhatikan muatan kelembutan dan nilai pendidikannya.
Kata Kunci: Strategi, Reward dan Punisment, Al-Quran
Full Text:
PDFReferences
Afham, Muhammadi Fatihul. Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Kesehatan Mental Menurut Zakiah Daradjat. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 2019. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45365.
Afwaz Fafaza Rif’ah. “Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Ikhlas Karya M. Quraish Shihab: Studi Komparatif Terhadap Metodologi Tafsir Al-Mishbāh Dan Tafsir Al-Qur’an Al-Karim.” Jurnal Tafsere 11, no. 1 (2023): 78–91. https://doi.org/10.24252/jt.v11i1.39975.
Alfiyah, Avif. “Metode Penafsiran Buya Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 15, no. 1 (2017): 25. https://doi.org/10.18592/jiiu.v15i1.1063.
Alkaf, Idrus. “Pemahaman Terhadap Konsep Pahala Dan Dosa Serta Hubungannya Dengan Etos Kerja Dosen Dan Pegawai Fakultas Ushuluddin Dan Pemikiran Islam IAIN Raden Fatah Palembang.” Intizar 19, no. 1 (2016): 21–46. file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/401-Article Text-874-1-10-20160322.pdf.
DR. Hj. Ira Suryani., M.Di. ILMU PENDIDIKAN ISLAM, n.d.
Febriyani, Nur Afriyah, and Alexander Guci Alex. “Ganjaran Dalam Pendidikan Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Asy-Syukriyyah 23, no. 1 (2022): 103–27. https://doi.org/10.36769/asy.v23i1.236.
Fikri, Muslim, Farid Prihandoyo, M Misbah, and Masyarakat Islam. “PENDIDIKAN QUR ’ ANI : KONSEP PEMBUDAYAAN AL- QUR ’ AN” 7 (2024): 10965–75.
Hadini, Hadini, Syarifah Rahmi, and Nyak Mustakim. “Teori Psikologi Positif Dalam Peta Aliran-Aliran Psikologi Pendidikan Serta Implikasinya Dalam Pendidikan Islam.” JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam 17, no. 2 (2022): 41–51. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v17i2.258.
Hasibuan, Syahrul. PUNISHMENT in ISLAMIC EDUCATION By Syahrul Hasibuan, n.d.
Jauhari, Muhammad Insan. “Pendidikan Anti Kekerasan Perspektif Al-Qur’an Dan Implementasinya Dalam Metode Pengajaran Pai.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 13, no. 2 (2017): 171–84. https://doi.org/10.14421/jpai.2016.132-04.
Ma`arif, Muhammad Anas. “Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 31–56. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.31-56.
Muzakki, Jajang Aisyul. “Model Pemberian Hukuman Dalam Pendidikan Islam,” 2003, 1–12.
Rohmat, Abdul. “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa Di MA Islamiyah Ciputat,” 2017. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35293.
Sales, Monika, Nifty Utari, Rahmah Handayani, Vira Dwi, Putri Yanti, and Sales Julita. “PROPHETIC PARENTING : KONSEP IDEAL POLA ASUH ISLAMI Prophetic Parenting : Konsep Ideal Pola Asuh Islami Mendidik Dan Mengasuh Anak Dengan Benar , Anak Tersebut Kelak Akan Tumbuh Pendidikan Seorang Anak Yang Akan Membawa Kelak Mereka Pada Kesuksesan Dan Ke,” 2022, 147–55.
Saputra, Riki. Masa Depan Agama, 2016.
Sembiring, Nurhaizan. “Pendidikan Seumur Hidup Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies 2, no. 2 (2023): 23–34. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i2.212.
Setiawan, Wahyudi. “Reward and Punishment Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 4, no. 2 (2017): 184–201. https://doi.org/10.53627/jam.v4i2.3171.
Siregar, Hidayati, and Muhammad Syaifullah. “Reward Dan Punishment Dalam Perspektif Pendidikan Islam Hidayati Siregar 1 , Muhammad Syaifullah 2 1,2, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. September (2023): 329–39.
Solihuddin Guru, Muhammad, Smp Negeri, and Kare Kabupaten Madiun. “Dampak Kebijakan Sekolah Tentang Poin Pelanggaran Tata Tertib Siswa Dalam Membentuk Perilaku Siswa Yang Berkarakter.” Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan 1, no. 2010 (2023): 62–70.
Surya, Candra, and Asep Wahyu. “SISTEM INFORMASI PERHITUNGAN POIN PELANGGARAN SISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus Di SMK As-Shofa Kabupaten Tasikmalaya).” Jurnal Teknoinfo 14, no. 1 (2020): 59. https://doi.org/10.33365/jti.v14i1.477.
Ulya, Khalifatul. “Pelaksanaan Metode Pembiasaan Di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota.” ASATIZA: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2020): 49–60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58.
W., Sulaiman. “Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak Di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 3953–66. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418.
Wahyu, Wahyu Lestari, and Alfin Julianto. “Persepsi Mahasiswa Dalam Menggunakan Style Hijab Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 4, no. 1 (2023): 35–42. https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.141.
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v5i1.165
Refbacks
- There are currently no refbacks.