PENERAPAN BOT JAWAB PESAN OTOMATIS PADA WHATSAPP DI PT GOESDERITECH SISTEM INFORMASI

Yusuf Izzatul Haq, Goesderilidar Goesderilidar, Deka Zainurrahman

Abstract


Digitalisasi Industri telah mendorong perusahaan untuk mengadopsi berbagai teknologi komunikasi yang lebih efisien dan responsif. Salah satu alat yang kini menjadi sangat populer adalah WhatsApp, yang digunakan secara luas dalam komunikasi bisnis. WhatsApp berkembang menjadi platform penting untuk layanan pelanggan, pemasaran, dan interaksi internal. Namun, seiring meningkatnya penggunaan, perusahaan seperti PT Goesderitech hingga kini menghadapi tantangan dalam mengelola komunikasi layanan pelanggan, terutama menangani volume pesan yang tinggi secara efektif. Untuk mengatasi hal ini, sebagian besar perusahaan dapat memanfaatkan aplikasi bot seperti WhatAuto.

WhatAuto adalah aplikasi bot Whatsapp yang memungkinkan otomatisasi respons terhadap pesan sehingga membantu perusahaan dalam mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan. Penelitian ini memberikan studi kasus mengenai penggunaan WhatAuto di PT. Goesderitech dan mengevaluasi lebih lanjut pengaruhnya terhadap kualitas layanan yang dialami pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan WhatAuto tidak hanya mengurangi waktu respons secara signifikan tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional dengan mengurangi beban kerja tim layanan pelanggan. Dengan kata lain, penerapan WhatAuto memberikan manfaat langsung bagi PT Goesderitech dalam meningkatkan layanan komunikasi kepada pelanggan dan mengatasi hambatan yang muncul seiring dengan digitalisasi di industri.

     Kata Kunci: Sistem Informasi, Bot, Whatsapp, Whatauto, GoesderiTech


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, H. G. (2023, August). PENERAPAN CHATBOT AUTO REPLY PADA WHATSAPP MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (STUDI KASUS SRI RATU LAUNDRY). In Prosiding Seminar SeNTIK (Vol. 7, No. 1, pp. 384-393).

Davenport, T. H., & Ronanki, R. (2018). Artificial intelligence for the real world. Harvard Business Review, 96(1), 108-116.

E. L. Amalia and D. W. Wibowo, "Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis," Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 13, no. 2, pp. 137-142, 2019.

E. Mursidah, L. Ambarwati and F. A. Karima, "Implementasi Chatbot Layanan Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Departemen Teknik Informatika ITS," Jurnal Ilmiah NERO, vol. 7, no. 1, pp. 43-52, 2022.

Haq, Y. I., & Goesderilidar, G. (2024). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PT. GOESDERITECH SISTEM INFORMASI. IndraTech, 5(1), 85-98.

Kannan, P. K., & Li, H. A. (2017). Digital marketing: A framework, review, and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22-45.

Kumar, R., Raj, J. P., & Thangavel, R. (2020). A study on the use of WhatsApp for business communication among small enterprises. International Journal of Business Information Systems, 34(3), 315-330.

Kumar, V., Dixit, A., Javalgi, R. G., & Dass, M. (2019). Digital transformation and marketing: An overview of the landscape. Journal of Marketing, 83(4), 1-14.

Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A thematic exploration of digital, social media, and mobile marketing: Research evolution from 2000 to 2015 and an agenda for future inquiry. Journal of Marketing, 80(6), 146-172.

Nguyen, B., & Simkin, L. (2020). The dark side of digital personalization: Understanding the impacts of over-personalization. Journal of Strategic Marketing, 28(6), 489-506.

R. G. Guntara, "Aplikasi Chatbot Konsultan Bisnis untuk UMKM Berbasis Dialogflow pada Platform Android," Indonesian Journal of Digital Business, vol. 2, no. 1, pp. 9- 15, 2022.

S. M. Mohammad, "Artificial Intelligence in Information Technology," International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology (IJIERT), vol. 7, no. 6, pp. 168-175, 2020.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian dan Pengembangan: Konsep, Prosedur, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitattif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan), Bandung: Alfabetta.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tamtelahitu, T. M., Sumah, J., & Saptenno, F. (2023). PENERAPAN WHATSAUTO BERBASIS WEB DALAM MEMPERMUDAH PROSES PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(4), 1451-1466.




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v5i2.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.