IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL PEMASARAN PERGURUAN TINGGI KELEMBAGAAN ISLAM SWASTA
Abstract
Memahami dan memilih strategi pemasaran menjadi salah satu andalan Perguruan Tinggi Kelembagaan Islam (PTKIS) swasta untuk mendapatkan perhatian dan menjadi pilihan lulusan SLTA sebagai perguuran tinggi tempatnya berkuliah. Sebelum menentukan strategi apa yang ditetapkan dalam pemasaran, maka diperlukan kegiatan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan hasil pemasaran. Metode tulisan ini adalah dalam bentuk studi literatur. Faktor-faktor itu terungkap diantaranya bauran pemasaran terdiri dari 7 aspek (Product, Price, Promotion, Process, People, Place, Physical Evidence,) faktor kepemimpinan, kinerja dosen, kepuasan mahasiswa,dan loyalitas mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa keseluruh faktor harus mendapat perhatian oleh penyenggara PTKIS swasta, dan lebih memperhatikan aspek kepuasan dan loyalitas mahasiswa yang selama ini terabaikan. Implikasi dari kajian ini adalah diperlukan penelitian lanjutan terhadap komponen mahasiswa tentang bauran pemasaran, persepsi mahasiswa terhadap kepemimpinan, kinerja dosen, dan pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan mahasiswa serta loyalitas mahasiswa di PTKIS.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, PTKIS Swasta, kepemimpinan, kinerja dosen, mahasiswa.
Full Text:
PDFReferences
Ajimat, Analisis Perbandingan Word Of Mouth Marketing dan Social Media Marketing dalam Menarik Minat Mahasiswa dalam Memilih Universitas (Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Pamulang), Jurnal Kompetitif: Universitas Pamulang, 2020
Andriya Risdwiyanto dan Yuli Kurniyati, Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta Berbasis Rangsangan Pemasaran, Jurnal MAKSIPRENEUR, Vol. V, No. 1, Desember 2015, hal. 1 – 23; Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Carola Grebitus and Maike Bruhn, A Way to More Effective Marketing Strategies: Analyzing Dimensionality of Cognitive Structures Quantitatively, SAGE Open 1– 11 © The Author(s) 2011 DOI: 10.1177/2158244011418380 http://sgo.sagepub.com
Chaplin JP, Dictionary of Psychology, New York: Dell Publishing Co, 1979
Desi Sanggar Pratiwi, dan Budhi Haryanto, Internal Marketing Mix pada Kinerja Tenaga Kependidikan Universitas Sebelas Maret BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, UNS, 2018
Djaslim Saladin, Manajemen Pemasaran, Edisi kedua, Jakarta: Linda Karya. 2003.
Griffin, Jill, Custumer Loyality, How to Earn It, How to Keep It, Kentucky: McGraw Hill Inc., 2002
Itsna Nurhayati dan Andi Mulyadi, Promosi Universitas Swasta Dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru (Studi Kasus Promosi UPT HPPMB Universitas Muhammadiyah Sukabumi), Jurnal Jispro Vol 7 No 1 Januari-Juni 2017
Kotler, Philip, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control . Tenth Edition, New Jersey, Prentice Hall Inc, 2000.
___________, Manajemen Pemasaran, edisi milenium, Jakarta: Prenhallindo, 2002
Kotler Philip, Keller Kevin Lane, Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Cetakan II, Jakarta: Indeks, 2007
Kotler, Philip, & Amstrong, Gary, Principles of Marketing (Edisi 13), United States of America: Person, 2010
Kotler, Philip, & Karen F.A. Strategic Marketing for Educational Institutions. New Jersey: Prantice-Hall Inc., 1995
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Berbasis Kompetensi, Edisi ke-3. Jakarata: Erlangga, 2014
Neil A. Morgan; Kimberly A. Whitler; Hui Feng; and Simos Chari, Research in marketing strategy, Journal of the Academy of Marketing Science, 2018
Pijar Suciati dan Mareta Maulidiyanti, Kekuatan 7P Bauran Pemasaran Terhadap Pilihan Mahasiswa Berkuliah di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Jurnal Sosial Humaniora Terapan Volume 1 No.2, Januari-Juni 2019
Stanton, William J, Prinsip Pemasaran, jilid I, edisi ke 7, Jakarta: Erlangga, 1993
Syaiful Anwar, Perubahan Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta (Studi kebijakan di Universitas Prof Dr. Hazairin Bengkulu), Jurnal Aplikasi Manajemen, Universitas Brawijaya, 2016
Ujang Muhyidin, Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Barat Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (Sendi_U), 2014
Zaithaml Valarie, A & Mary Jo Bitner, Service Marketing:Integrating Custumer focus Across the Firm, edisi 3, New York: The McGraw Hill Book Companies, 2004
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v1i1.4
Refbacks
- There are currently no refbacks.