ISI ATAU MATERI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN

Zuhri Tauhid

Abstract


Pendidikan harus mendapatkan perhatian khusus dan konsep yang matang sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Tujuan pendidikan pada akhirnya adalah membentuk manusia menjadi insan kamil dan bermanfaat bagi lingkungannya dengan mempersiapkan diri melalui ibadah di dunia untuk mencapai kebaikan di akhirat. Dalam konsep Islam ilmu pengetahuan hanya satu, yaitu semuanya sama dari Allah dan menuju ke Allah. Untuk kepentingan pendidikan, pengetahuan yang menyatu itu harus diklasifikasikan. Klasifikasi pengetahuan itu ialah pengetahuan yang diwahyukan (Naqli/bersifat agamis) dan pengetahuan yang diperoleh (Aqliyyun/ilmu keduniaan umum). Misi para nabi adalah mengajarkan tiga hal penting. Ketiga hal ini harus diprioritaskan atas hal-hal yang lainnya dan hendaknya ketiga hal tersebut adalah pelajaran pertama yang diterima oleh anak didik. Ketiga hal tersebut merupakan intisari dari materi pendidikan dalam Al-Qur’an. Ketiganya adalah: tauhid, iman kepada hari akhir, dan menyeru kebaikan. Ketiga konsep ini sesuai tema yang berkait isi atau materi pendidkan, diantaranya: (Iman/اإليمان , Islam/اإلسالم , Ihsan/اإلحسان , din/الدين ,  Amal saleh / الصالح لعمل ا  )

Kata Kunci : Pendidikan, Al-Quran, Tauhid, Agama Islam.


Full Text:

PDF

References


A. Mujab Mahali, 1986, Insan Kamil dalam Kaca Pandang Rasulullah, Yogyakarta: BPFE

Abu Anwar, 2009, Ulumul Qur’an, Jakarta: Amzah

Ahmad al- Syirbashiy, 1962, Qishshat al- Tafsir, Kairo Mesir: Dar al- Qalam

Al-Raghib al-Ashfahani, Mu'jam Mufradat Alfazh al-Quran, Beirut: Dar al- Fikr,

Al-Zamakhsyari.al-Kasysyaf ‘an Haqaiq al-Tanzil wa ‘Uyun al-Aqawil fi Wujuh al-Ta’wil, Al-Mufrodaat

Danial Zainal Abidin, 2008, Tips-tips cemerlang dari al- Qur‟an, Jakarta: PT. Mizan Publika

Husain Afandi al-Jasr, tt. Theologi Islam, terj. Abdai Rathami, Bandung: Al-Ma’arif

Imam Taufiq, 2016, Al-Quran bukan kitab teror, Jakarta: Bentang Pustaka,

Muhammad Syahrur, Al-Kitab wa Al-Quran: Qiraah Mu'ashirah, Damaskus: Al-Ahall li al-Thiba'ah wa al-Nasyar wa al-Tawzi', t. th.

Mahmud Yunus, 1969, Tafsir al- Qur’an al- Karim Juz 1, Jakarta: Hidakarya Agung

Syaikh Abu Bakar Jabir Al Jazairy, 2014, Minhajul Muslim Pedoman Hidup Harian Seorang Muslim, Jakarta: Ummul Quran

Muhammad Sayyid Thanthawi, 1997, At-Tafsir Al-Washit, Juz I, Kairo: Nahdah Al-Misr.

Munzir Hitami, 2001, Rekonseptualisasi Pendidikan Islam, Pekanbaru: Susqa Press

Ramayulis, 2012, Ilmu pendidikan Islam, cetakan kesembilan, Jakarta: Kalam Mulia.

Saeful Malik, Ridho Menjadikan Allah sebagai Tuhan, dalam http://serbaadacom.blogspot.com/2018/10/ridho-menjadikan-allah-sebagai-tuhan.html diakses pada tanggal 12 November 2019

Sitti Trinurmi, Hakekat Dan Tujuan Hidup Manusia Dan Hubungannya Dengan Tujuan Pendidikan Islam, Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam Volume 2, Nomor 1 Desember 2015, UIN Aluddin Makassar

Syekh Ahmad Musthafa Al-Maraghi, 1986, Tarjamah Tafsir Al-Maraghi, Yogyakarta: Sumber Ilmu.

Umar Muhammad at Tuumiy asy Syaibani, 1975, Falsafah at Tarbiyyah al Islamiyyah, Tripoli: al Syarikah al ‘Ammah li an Nasyr wa Tauzi’ wal al i’lan.




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v2i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.