PENGEMBANGAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN

Yuniarti Yuniarti

Abstract


Sudah semestinya berbagai bentuk Pendidikan dan Latihan (Diklat) pengembangan sumber daya Aparatur Sipil Negara  (ASN) secara kontiniu meningkatkan kualitas proses pemberlajaran. Apalagi tantangan era global yang menuntut peserta Diklat ASN lebih dapat menguasai bahan pelajaran secara maksimal agar dapat meningkatkan kemampuan diri berkompetisi. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mendukung hal ini pada Diklat ASN adalah Higher Order Thinking Skills (HOTS). 

Pembelajaran Diklat ASN berbasis HOTS dapat diintegrasikan dengan cara memberi kesempatan seluas-luasnya untuk peserta Diklat dalam menggali dan mengajukan informasi. Tahap pengungkapan pendapat, Higher Order Thinking Skill dapat diintegrasikan dengan cara tidak membatasi siswa dalam mengajukan dugaan, gagasan, maupun pendapat melalui inkuiri ataupun membuat konjektur. Tahap evaluasi dan pemilihan, Higher Order Thinking Skill dapat diintegrasikan dengan cara meminta siswa mencari berbagai alternative jawaban maupun penyelesaian. Tahap implementasi, Higher Order Thinking Skills dapat diintegrasikan dengan cara meminta peserta Diklat memberikan kesimpulan dengan kreativitasnya sendiri.

Kata Kunci: HOTS, Diklat ASN


Full Text:

PDF

References


Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma 1: Prosiding Seminar Nasional Matematika Semarang: Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Krathwohl, D. (2002). A Revision of Bloom's Taxonomy:an overview - Theory into Practice, Collage of Education, The Ohio State University Learning Domains or Bloom's Taxonomy: The Three Types of Learning, tersedia di www.nwlink.com/~donclark/hrd/bloom.html.

Masrukhin. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Kudus: Media Ilmu Press. Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Bandung: SMILE's Publishing.

Sofyan, F. A. (Maret 2019). Imlementasi HOTS pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa Vol III, No 1.

Subadar. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pedagogik.

Thalabi, T., & Basuni, M. M. (2009). Strategi Pembelajaran. Gresik: Al-Rahmah.




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v2i1.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.