KURIKULUM PAI DAN PROGRAM DERADIKALISASI SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Tindakan radikal merupakan masalah serius yang dihadapi bangsa Indonesia.Kasus ini tidak lepas dari kurangnya perhatian publik terhadap pendidikan agama Ditambah dengan peran pemerintah yang kurang memperhatikan sistem Pendidikan Agama Islam untuk sekolah-sekolah di Indonesia.Pendidikan Agama Islam yang menumbuhkan karakter moderat dapat menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana Pendidikan Agama Islam berperan dalam deradikalisasi dan bagaimana inovasi kurikulum PAI yang dapat menghasilkan manusia yang berkarakter moderat. Makalah ini merupakan studi dengan menggunakan analisis isi. Kesimpulan tuisan ilmiah ini adalah pertama, Pendidikan Agama Islam dapat berperan dalam deradikalisasi melalui muatan materi, corak berpikir Guru dan pembinaan guru terhadap siswa. Kedua, inovasi kurikulum untuk membentuk karakter moderat yang dapat dilakukan dengan cara memberikan muatan nilai toleransi dan cinta tanah air, menciptakan guru yang berparadigma inklusif, melaksanakan pembelajaran dengan kreatif dan aktual.
Kata Kunci: Kurikulum PAI; Deradikalisasi; Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Asep Herry Hernawan dan Riche Cyntia dalam , Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
Daniel Koehler, Understanding Deradicalization: Methods, Tools and Programs for Countering ...”,Google Buku, New York: Routledge, 2017
Fatah Syukur, Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasail Media Group, 2008
Fithriyah dan Umam, “Internalisasi Nilai-Nilai Aswaja Dalam Pendidikan Islam Sebagai Upaya Deradikalisasi Menuju Good Citizen.”
Kisbiyanto Kisbiyanto, “Manajemen Kurikulum Dalam Perspektif Anti-Radikalisme,” ADDIN10, no. 1 (Februari 2016): 181, https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1134
Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006
Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: PSAPM, 2004
Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Ngainun Naim, “Pengembangan Pendidikan Aswaja sebagai Strategi Deradikalisasi,” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 23, no. 1 (Juni 2015): 69-88, https://doi.org/10.21580/WS.23.1.222
Raden Mas Jerry Indrawan dan Bayu Widiyanto, “Pendidikan Perdamaian Sebagai Bagian Dari Program Deradikalisasi: Sebuah Upaya Pencegahan Gerakan Terorisme,” Jurnal Pertahanan & Bela Negara, no. 1 (April 2016): 75, https://doi.org/10.33172/jpbh.v6i1.295.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2011.
Toto Suharto, Filsafat Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2011
Zainal Arifin, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Jogjakarta: DIVA Press, 2012
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v2i2.61
Refbacks
- There are currently no refbacks.