KURIKULUM PAI DAN PROGRAM DERADIKALISASI SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Tamrin Tamrin

Abstract


Tindakan  radikal  merupakan  masalah  serius  yang  dihadapi  bangsa  Indonesia.Kasus  ini  tidak lepas  dari  kurangnya  perhatian  publik  terhadap  pendidikan  agama  Ditambah  dengan  peran  pemerintah yang kurang memperhatikan sistem Pendidikan Agama Islam untuk sekolah-sekolah  di  Indonesia.Pendidikan  Agama  Islam  yang  menumbuhkan  karakter  moderat  dapat  menjadi solusi  terhadap  permasalahan  tersebut. Maka  dari  itu  tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk menjelaskan bagaimana Pendidikan  Agama  Islam berperan dalam deradikalisasi dan  bagaimana  inovasi  kurikulum  PAI  yang dapat menghasilkan  manusia  yang  berkarakter  moderat. Makalah ini merupakan  studi  dengan  menggunakan  analisis  isi.  Kesimpulan  tuisan ilmiah  ini adalah  pertama,  Pendidikan  Agama  Islam  dapat  berperan  dalam  deradikalisasi  melalui  muatan materi,  corak  berpikir  Guru  dan  pembinaan  guru  terhadap  siswa.  Kedua,  inovasi  kurikulum untuk membentuk karakter moderat yang dapat dilakukan dengan cara memberikan muatan nilai toleransi  dan  cinta  tanah  air,  menciptakan  guru  yang  berparadigma  inklusif,  melaksanakan pembelajaran dengan kreatif dan aktual.

Kata Kunci: Kurikulum PAI; Deradikalisasi; Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Asep Herry Hernawan dan Riche Cyntia dalam , Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Daniel Koehler, Understanding Deradicalization: Methods, Tools and Programs for Countering ...”,Google Buku, New York: Routledge, 2017

Fatah Syukur, Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasail Media Group, 2008

Fithriyah dan Umam, “Internalisasi Nilai-Nilai Aswaja Dalam Pendidikan Islam Sebagai Upaya Deradikalisasi Menuju Good Citizen.”

Kisbiyanto Kisbiyanto, “Manajemen Kurikulum Dalam Perspektif Anti-Radikalisme,” ADDIN10, no. 1 (Februari 2016): 181, https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1134

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: PSAPM, 2004

Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Ngainun Naim, “Pengembangan Pendidikan Aswaja sebagai Strategi Deradikalisasi,” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 23, no. 1 (Juni 2015): 69-88, https://doi.org/10.21580/WS.23.1.222

Raden Mas Jerry Indrawan dan Bayu Widiyanto, “Pendidikan Perdamaian Sebagai Bagian Dari Program Deradikalisasi: Sebuah Upaya Pencegahan Gerakan Terorisme,” Jurnal Pertahanan & Bela Negara, no. 1 (April 2016): 75, https://doi.org/10.33172/jpbh.v6i1.295.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2011.

Toto Suharto, Filsafat Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2011

Zainal Arifin, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Jogjakarta: DIVA Press, 2012




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v2i2.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.