INOVASI MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Proses Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak hanya transfer pengetahuan dan pemahaman, tetapi lebih dari itu, ia juga menanamkan nilai-nilai dan mengawal pengamalan ajaran Islamoleh peserta didik. Seluruh proses evaluasi haruslah didesain secara terencana, sistemik, dan berkelanjutan. Dengan kata lain, PAI adalah upaya menumbuhkembangkan fitrah anak didik yang dibawa sejak lahir menjadi sebuah kemampuan dan kekuatan yang dapat melahirkan kompetensi siswa yang kamil sesuai dengan fitrahnya. Fitrah di satu sisi dapat diartikan sebagai suatu kecenderungan (potensi) untuk mengetahui, memahami dan mengamalkan ajaran Islam baik sebagai hamba Allah maupun sebagai khalifah Allah di muka bumi. Untuk menumbuh-kembangkan fitrah ini, maka PAI harus dapat mengarahkan dan membimbing peserta didik dengan sebuah inovasi pembelajaran, termasuk pada proses evaluasi. Hal yang sangat urgen dalam inovasi evaluasi pada pembelajaran PAI adalah harus dapat menanamkan, mengukur, dan mengawal akhlakul Islam secara aplikatif (moral action) dalam kehidupan peserta didik, dan inilah dasar asumsi model yang penulis sajikan.
Kata Kunci : Model Evaluasi, PAI, Akhlak.
Full Text:
PDFReferences
Al Ghazali, Ihyâ ulûmuddîn, Vol.II, Kairo: Dar al-Kutub, tt.
C. Adiningsih, Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budayanya, Jakarta: Rineke Cipta, 2004
Davies, Ed. Teacher As Curriculum Evaluator, Sidney: George Allen Union, 1981
Edwin Wand dan Gerald W. Brown, Essentials of Educational Evaluation, New York: Holt Rinehart and Winston, 1977
Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1986
Nana Sujana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1990
W.S. Winkel, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1996
Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Agama Islam, Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya, Bandung: Trigenda Karya, 1993
Muhaimin, et.al., Paradigma Pendidikan Agama Islam, Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya, Cet III, 2004
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru, 1989.
Nasution, S. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2005
Prawiradilaga, Dewi Salma. (ed.) Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Sudarwan Danim, Media Komunikasi Pendidikan, Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar, Jakarta: Bumi Aksara, 1994
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 1994
Wayan Nurkancana dan PPN. Sumartana, Evaluasi Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1986
Yusufhadi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v1i2.72
Refbacks
- There are currently no refbacks.