MODEL PENDIDIKAN ANAK DALAM HADIS DAN URGENSINYA DALAM DAKWAH
Abstract
Tulisan ini mengkaji tentang model pendidikan anak dalam konsep hadis serta urgensinya dalamdakwah Islam. Rasulullah SAW. telah sangat memberikan perhatian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Sehingga ditemukan hadis-hadis yang membicarakan tentang mencari ilmu pengetahuan. Perhatian yang demikian tinggi, karena Rasulullah SAW. juga menyatakan dirinya sebagai pendakwah dan pendidik. Rasulullah SAW. lebih mengutamakan majlis orang yang belajar dari pada majlis ahli ibadah. Model pendidikan anak pada dakwah Islam dalam tuntunan hadis diawali dengan pembelajaran yang dilakukan di dalam keluarga. Bahkan lebih awal dari sebelum kelahiran, atau masih dalam kandungan. Urutan pengajaran kepada anak adalah penanaman tauhid, pengajaran ibadah shalat, adab atau akhlak, dan selanjutnya orang tua harus menempatkannya pada lembaga pendidikan yang jelas amanah dalam mengajarkan syariat Islam. Urgensi model pendidikan anak yang tepat sesuai tuntunan Rasulullah SAW. dalam hadis akan mewujudkan manfaat bagi anak yakni: (a) Terhindar dari kutukan Allah; (b) Menempati posisi terbaik; (c) Melatih jiwa yang ikhlas; (d) Memiliki sikap hormat pada guru; (d) Memiliki potensi untuk hebat; (e) Memiliki kesamaan derajat; (f) Memiliki kecerdasan intelektual yang unggul; dan (g) Memiliki kecerdasan emosional yang baik.
Kata Kunci: Model, Pendidikan Anak, Hadis
Full Text:
PDFReferences
AHMAD BIN HANBAL, ‘Abu ‘Abdillah Asy-Syaibani, Musnadul Imami Ahmad bin Hanbal, Al-Maktabul Islami, Darus Shadir, Beirut, Tanpa Tahun.
AL-BUKHARI, Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Ju’fi, Al-Imam, Shahihul Bukhari, Darul Fikr, Tanpa Nama Kota, 1414 H./ 1994 M.
AL-GHAZALI, Abu Hamid, Ihya Ulumuddin, Jilid 1, Beirut: Daar Al-Fikr, 1991
AN-NAWAWI, Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf, Muhyiddin, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, Darul Fikr, Tanpa Nama Kota, Tanpa Tahun.
AN-NAWAWI, Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf, Muhyiddin, Shahih Muslim bi Syarhin Nawawi, Darul Fikr, 1401 H / 1981 H.
ARIFIN, Muzayin, Pendidikan Islam dalam Arus Dinamika Masyarakat, Jakarta : Golden Terayon, 1991
HAJAR, Ibnu, Abul Fadhil Ahmad bin ‘Ali Al-‘Asqalani, Al-Hafidh, Tahdzibut Tahdzib, Cet. I, Mathba’ah Majlis Dairah Al-Ma’arif, India, 1366 H.
HATIM, Ibnu Abu, dan Abu Muhammad ‘Abdur Rahman bin Abu Hatim Muhammad bin Idris bin Al-Mundzir Ar-Razi, Al-Imam, Al-Hafidh, Syaikhul Islam, Al-Jarhu wat Ta’dil, Cet. I, Darul Kutubil ‘Ilmiyyah, Beirut, Lebanon, 1372 H / 1952 M.
MUFATIHATUT, Taubah, Pendidik Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 3, Nomor 1, 2015.
Muslim, Abul Husain Muslim bin Hajjaj Al-Qusyairi An-Naisaburi, Al-Imam, Al-Jami’ush Shahih, Darul Fikr, Beirut, Lebanon, Tanpa Tahun.
NURHADI, Nurhadi. Fungsi Dan Tanggung Jawab Suami Mendidik Keluarga Perspektif Nabi Muhammad SAW Dalam Kitab Hadis Kutub Al-Tis’ ah. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 2020, 18.2: 208-256.
NURHADI, Nurhadi. Pendidikan Keluarga Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 2019, 24.1: 1-34.
NURHADI, Nurhadi. Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Pernikahan (Perkawinan) di Tinjau dari Maqashid Syariah. UIR Law Review, 2018, 2.2: 414-414.
RAMAYULIS DAN SYAMSUL NIZAR, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2010
SIDIK, Hasbi, Pendidikan dalam Persfektif Hadis, Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, Volume 10, Nomor 2, September 2018
SUNARTO dan HARTONO, Ny. B. Agung, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta, 2008, cet. ke-4
ULWAN, Abdullah Nasih, Tarbiyatul Aulad Fil Islam, terj. Khalilullah Ahmad Masjkur Hakim, Pendidikan Anak Menurut Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v2i2.80
Refbacks
- There are currently no refbacks.