STRATEGI DAKWAH DALAM HADIS DAN APLIKASINYA
Abstract
Rasulullan SAW. adalah suri teladan kita dalam seluruh aktivitas hidup dan kehidupan. Dalam dakwah Islam tentunya sangat diharuskan untuk mempedomani startegi dakwah Rasulullad SAW. dalam membina umat manusia yang telah terbukti keberhasilannya. Tulisan ini mengkaji tentang strategi dakwah dalam konsep hadis. Tugas kerasulan tentunya sangta berkaitan dengan dakwah yang dijalankan Rasulullah SAW. Sehingga ditemukan hadis-hadis yang membicarakan tentang cara mengajarkan dakwah yang berisi pengajaran ilmu pengetahuan. Perhatian yang demikian tinggi pada strategi dakwah merupakan keinginan kita untuk mendidik umat secara suksesmempedomani apayang dilakukan Rasulullah SAW. yang juga menyatakan dirinya sebagai pendakwah dan pendidik. Bahkan Rasulullah SAW. lebih mengutamakan majlis orang yang belajar dari pada majlis ahli ibadah. Stategi dakwah dalam tuntunan hadis adalah (a) strategi halaqah, (b) stategi membangun keakraban, (c) strategi tegas dan mudah, (d) strategi variatif, (e) strategi praktek, dan (f) strategi dialog.
Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Hadis
Full Text:
PDFReferences
AHMAD BIN HANBAL, ‘Abu ‘Abdillah Asy-Syaibani, Musnadul Imami Ahmad bin Hanbal, Al-Maktabul Islami, Darus Shadir, Beirut, Tanpa Tahun.
AL-BUKHARI, Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Ju’fi, Al-Imam, Shahihul Bukhari, Darul Fikr, Tanpa Nama Kota, 1414 H./ 1994 M.
AL-GHAZALI, Abu Hamid, Ihya Ulumuddin, Jilid 1, Beirut: Daar Al-Fikr, 1991
AL-KHATIB, Muhammad Ajjaj, Ushul al-Hadits: Ulumuhu wa Mushthalahuhu, Beirut: Dar al-Fikr, 1989
AN-NAWAWI, Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf, Muhyiddin, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, Darul Fikr, Tanpa Nama Kota, Tanpa Tahun.
AN-NAWAWI, Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf, Muhyiddin, Shahih Muslim bi Syarhin Nawawi, Darul Fikr, 1401 H / 1981 H.
ARIFIN, Muzayin, Pendidikan Islam dalam Arus Dinamika Masyarakat, Jakarta : Golden Terayon, 1991
HADI, N. (2019). Analisis Kritis Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Indonesia Di Sekolah (SD, SMP, SMA, & SMK). EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 1-16.
HAJAR, Ibnu, Abul Fadhil Ahmad bin ‘Ali Al-‘Asqalani, Al-Hafidh, Tahdzibut Tahdzib, Cet. I, Mathba’ah Majlis Dairah Al-Ma’arif, India, 1366 H.
HATIM, Ibnu Abu, dan Abu Muhammad ‘Abdur Rahman bin Abu Hatim Muhammad bin Idris bin Al-Mundzir Ar-Razi, Al-Imam, Al-Hafidh, Syaikhul Islam, Al-Jarhu wat Ta’dil, Cet. I, Darul Kutubil ‘Ilmiyyah, Beirut, Lebanon, 1372 H / 1952 M.
MUFATIHATUT, Taubah, Pendidik Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 3, Nomor 1, 2015.
MUSLIM, Abul Husain Muslim bin Hajjaj Al-Qusyairi An-Naisaburi, Al-Imam, Al-Jami’ush Shahih, Darul Fikr, Beirut, Lebanon, Tanpa Tahun.
NURHADI, Nurhadi. Fungsi Dan Tanggung Jawab Suami Mendidik Keluarga Perspektif Nabi Muhammad SAW Dalam Kitab Hadis Kutub Al-Tis’ ah. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 2020, 18.2: 208-256.
NURHADI, Nurhadi. Pendidikan Keluarga Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 2019, 24.1: 1-34.
NURHADI, Nurhadi. Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Pernikahan (Perkawinan) di Tinjau dari Maqashid Syariah. UIR Law Review, 2018, 2.2: 414-414.
RAMAYULIS DAN SYAMSUL NIZAR, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2010
SIDIK, Hasbi, Pendidikan dalam Persfektif Hadis, Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, Volume 10, Nomor 2, September 2018
ULWAN, Abdullah Nasih, Tarbiyatul Aulad Fil Islam, terj. Khalilullah Ahmad Masjkur Hakim, Pendidikan Anak Menurut Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v2i2.81
Refbacks
- There are currently no refbacks.