INTEGRASI ISLAM DAN SAINS PADA PENGEMBANGAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI DI INDONESIA
Abstract
Pendidikan yang memuat keilmuan dikotomis akan mengakibatkan krisis yang menghadirkan lulusan lembaga pendidikan bersifat materialistis, individualistis, dan kekeringan spiritualitas. Untuk itu diperlukan rekonstruksi pada penyelenggaraan pendidikan berupa pengintegrasian sains dan nilai-nilai agama Islam untuk dijadikan urat nadi penyelenggaraan pendidikan pada seluruh institusi, apalagi yang berlebelkan kelembagaan Islam. Di samping itu pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak berlebelkan Islam membuktikan bahwa institusi pendidikan Islam jauh tertinggal. Inilah yang mendasari lahirnya gerakan pemerintah secara nyata dalam integrasi keilmuan dengan mewujudkan Universitas Islam Negeri di Indonesia. Kajian ini menarik karena erat kaitannnya dengan implementasi integrasi keilmuan.
Kata Kunci: Integrasi; Islam; Sains; UIN
Full Text:
PDFReferences
A. Halil Thahir, “Dari Nalar Literalis-Normatif Menuju Nalar Kontekstualis-Historis dalam Studi Islam,” ISLAMICA, Vol. 5, No. 1 (September 2010)
Abuddin Nata, Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media, 2003
Amin Abdullah, Islamic Studies di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006
Azyumardi Azra, “Sambutan Rektor,” Prospektus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta “Wawasan 2010” Leading Toward Research University (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006
http://nursyam.sunan-ampel.ac.id/?p=1147 (Diakses tanggal 25/4/2018).
Ilias Livanos, “The Relationship between Higher Education and Labour Market in Greece: the Weakest Link?,” Springer Science+Business Media B.V. 2 (February 2010)
Imam Suprayogo, “Perjuangan Mewujudkan Universitas Islam: Pengalaman UIN Malang,”Tsaqafah, Vol. 2, No. 2 (2006/1427)
Isma'il Razi al-Faruqi, Al-Tauhid: Its Implications for Thought and Life, Virginia-USA: The International Institute of Islamic Thought, 1992
Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam: Strategi baru Pengelolaan Lembaga PendidikanIslam. Jakarta: Erlangga, 2007
Nasim Butt, Sains dan Masyarakat Islam, Bandung: Pustaka Hidayah, 1996
Nur Syam, “PTAIN Sebagai Center of Excellence,” IAIN Sunan Ampel website:
Tim Penyusun Kerangka Dasar Keilmuan dan Pengembangan Kurikulum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta: Pokja UIN Suka, 2006
Usman Hassan, The Concept of Ilm and Knowledge in Islam, The Association of Muslim Scientists and Engineers, 2003
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v2i2.83
Refbacks
- There are currently no refbacks.