KUALITAS PELAYANAN DALAM ISLAM (PERSPEKTIF AL-QURAN DAN HADITS)
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman kualitas pelayanan dari perspektif Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah maudhu'i atau tematik. Penulis mengumpulkan berbagai ayat Al-Qur'an tentang kualitas pelayanan dan menyertakan beberapa pendapat ahli tafsir tentang penafsiran ayat tersebut. Dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa ada banyak ayat Al-Quran dan Hadits yang menyinggung prinsip-prinsip kualitas layanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelayanan merupakan salah satu dimensi muamalah. Pelayanan dengan kualitas terbaik adalah suatu keharusan, ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits juga banyak berbicara tentang pelayanan antara lain: bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, ekonomi islam, pelayana prima, Al-Qur’an and hadith.
Full Text:
PDFReferences
Al-Hafidz Ibnu Katsir Ad-dimasyqy, Abi Fada’, Tafsir Ibnu Katsir, Juz II, Bairut; Darul Kutub Ilmiyah,2006
Ash-Shiddieqy, Hasbi. Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur Juz 11. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000.
Al-Thabari. 1442H. Tafsir Jami al-Bayan fi Tafsiir al-Qur’an juz 3. Makah Almukaramah: Makatabah Daarul Baaz.
Az-zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Wasith Jilid 1. Jakarta: Gema Insani, 2013. C.F Kwok, Angus,“The Evolution Of Management Theories: A Literature Review.” Nang Yan Bussiness Journal 3 No. 1 (April 2014): 34-35.
Hamka. Tafsir Al- Azhar Jilid 6. Jakarta: Gema Insani, 2015. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Tafsir Al-Qur’an Tematik Jilid 6.Jakarta: Kamil Pustaka, 2014.
Nasib Rifa’I, Muhammad. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2. Jakarta: Gema Insani, 2012.
Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml and Leonard L.Berry , “SERVQUAL: A Multiple Item-Scale For Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.” Journal of Retailing 64, no.1 (Spring 1988)
Thahir Ibnu Asyur. 1984. Al-Tahrir wa Al-Tanwir juz 1. Da rut Tunisiyyah lin Nasyr.
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v2i2.86
Refbacks
- There are currently no refbacks.