SOLUSI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI PUSARAN PROBLEMATIKA ERA GLOBALISASI
Abstract
Kajian ini mencoba menyajikan gambaran tentang problematika beserta tawaran solusinya
dalam desain kurikulum pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era globalisasi yang mengantar pada era digital atau revolusi industry 4.0. Zaman mutakhir ini secara langsung maupun tidak langsung telah mengantarkan banyak perubahan dalam berbagai lini kehidupan pendidikan agama Islam. Terutama kaitannya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas, salah satu contoh dengan munculnya perkuliahan/pembelajaran daring/e-learning di dunia Pendidikan. Era globalisasi digital telah melahirkan fenomena disruption yang menuntut dunia pendidikan agama Islam untuk turut menyesuaikan diri. Pendidikan agama Islam kini dihadapkan pada tantangan, problem, tuntutan, dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap system penyelenggaraan termasuk kurikulum PAI. Desain materi dan penyediaan kompetensi sumber daya manusia, metode, serta sarana dan prasarana perlu ditata ulang agar dapat menghadapi tantangan sehingga dijadikan sebuah peluang. Jika tidak, pendidikan agama Islam akan semakin tertinggal dan usang. Sajian tulisan ini semoga menjadi salah satu langkah/solutif kongkrit agar dapat mengaplikasikan istilah ilmu amali amal ilmi.
Kata Kunci: Kurikulum PAI; Problematika; Era Globalisasi
Full Text:
PDFReferences
Ace Suryadi, Pendidikan Indonesia
Menuju 2025; Outlook:
Pendidikan di Era Digital,
Bagaimana Menyikapinya?.
http://madrasah.kemenag.go
.id/didaktika/96/tantangan- pendidikan-di-era- digitalbagaimana- menyikapinya.html, diakses pada 25 September 2021.
Ginanjar Rahmat, Masa Depan Pendidikan Bernama E- Leraning, dalam Nur Janti, dkk, Online! Geliat Manusia dalam Semesta Maya, Yogyakarta: EKSPRESI Buku LPM EKSPRESI, 2014
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Jejen Musfah (ed.), Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif, Jakarta: Kencana, 2012
Nuryadin, Strategi Pendidikan Islam di Era Digital, Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 03, No. 1
Juni 2017.
S. Lestari dan Ngatini, Pendidikan Islam Kontekstual, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v2i1.89
Refbacks
- There are currently no refbacks.