IMPLEMENTASINYA KONSEP MANUSIA MENURUT AL-QUR’AN PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Hakekat manusia dalam konsep Islam adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, memiliki berbagai potensi untuk tumbuh berkembang menuju kepada kesempurnaan. Konsep Islam dalam Al-Quran tentang hakekat manusia berdasarkan ungkapan kata al-basyar, al-insan, an-nas, dan bani Adam atau dzuriyyat Adam, sebagaimana disebutkan di atas memberikan gambaran keseimbangan antara hak dan kewajiban manusia sebagai individu, sosil, budaya, dan makhluk Allah SWT. Kondisi demikian menempatkan manusia secara seimbang antara teosentris dan antroposentris. Implikasi konsep Islam tentang hakekat manusia dan hubungannya dengan pendidikan Islam adalah: Pertama, Sistem pendidikan Islam harus dibangun di atas konsep kesatuan antara qalbiyah dan aqliyah. Kedua, pendidikan Islam harus berupaya mengembangkan potensi hard skill dan soft skill secara maksimal. Ketiga, pendidikan Islam harus dijadikan sarana yang kondusif bagi proses transformasi ilmu pengetahuan dan budaya Islami. Keempat, konsep hakekat manusia dan fungsi penciptaannya dalam alam semesta harus sepenuhnya diakomodasikan dalam perumusan teori-teori pendidikan Islam melalui pendekatan kewahyuan, empirik keilmuan dan rasional filosofis. Kelima, proses internalisasi nilai-nilai Islam ke dalam pribadi seseorang harus dapat dipadukan melalui peran setiap individu untuk saling bekerjasama, sehingga dapat meperkuat terwujudnya kesatuan pola dan kesatuan tujuan menuju terbentuknya mentalitas insan kamil.
Kata Kunci: Manusia, Al-Qur’an, Pendidikan Islam
Full Text:
PDFReferences
Abd. Rahman Assegaf, 2011, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ahmad Tafsir, 2005, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosyda Karya.
Al-Baqi, 1998, Fu’ad Abdul. Al-Mu’jam Al-Mufahras li Al-Alfaz Al-Quran La-Karim, Qahirah: Dar Al-Hadits.
Ibn Munzhir, 2005, Lisan Al-Arab, Mesir: Dar Al-Mishriyah, Juz VII, 1992Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Cet. 6 – Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.
Kadri, 2011, Konsep Islam Tentang Tuhan, Manusia dan Alam Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam, Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1, Januari-Juni.
Miftah Syarif, 2017, Hakekat Manusia dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam, Jurnal Al-Thariqah Vol. 2, No. 2, Desember 2017
Munzir Hitami, 2004, Mengonsep Kembali Pendidikan Islam, Pekanbaru: Infinite Press.
Munzir Hitami,2001, Rekonseptualisasi Pendidikan Islam, Pekanbaru: Susqa Press.
Ramayulis dan Samsul Nizar, 2011, Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan Islam dan Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta: Kalam Mulia.
DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v3i1.99
Refbacks
- There are currently no refbacks.