MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SLTP DAN HUBUNGANYA DENGAN PRESTASI BELAJAR

Tamrin Tamrin

Abstract


Motivasi belajar siswa dianggap sebagai suatu aspek yang secara teoritis sangat penting, dan ini harus menjadi perhatian  oleh pendidi. Motivasi mendukung keberhasialan siswa dalam suksesnya pada ativitas belajar. Jenis riset yang dilakukan adalah metode kualitatif melalui teknik meta analisis jurnal. Langkah utama yang dilakukan adalah membuat meta analisis jurnal dari 15 jurnal terpilih dari sumber secara online.

Hasil penelitian  menunjukan bahwa terdapat kekuatan hubungan yang secara umum sangat signifikan antara motivasi belajar  dengan prestasi belajar siswa, khsususnya pada tingkatan Sekolah LanjutanTingkat Pertama. Sejalan dengan itu diperlukan upaya yang, serius dalam membina motivasi belajar siswa dengan menumbuhkambangkan kecerdasan yang telah dimiliki siswa berupa SQ, EQ, dan IQ. Kegiatan pembelajaran harus secara integral memperhatikan ketiga potensi siswa tersebut. Perlu disadari bahwa jika pembelajaran hanya menekankan pada pencapaian kemampuan intelektual saja, maka akan terjadi kekeringan spiritual, dan lemahnya kualitas diri pribadi dan kehidupan sosial siswa. Dengan demikian pemahaman tentang konsepsi ini harus disadari dan dikuasai oleh seluruh komponen dalam sistem penyelenggaraan pendidikan terutama oleh guru.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Abd. Rahman Abdullah, Aktualisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: UII Press

Alisuf Sabri,1999, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Anas Sudjono, 2008, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Damyati Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno, 2012, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Bandung: Rosdakarya,

Horald Koontz Donnel dan Heinz Weihrich, 1980, Management, New York: McGraw Hill.

Jamaludin Idris, 2005, Analisis Kritis Mutu Pendidikan, Yogyakarta: Suluh Press.

M. Arifin, 1996, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,

Mahmud Yunus, 1996, Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Hidayah Agung.

Nana Sudjana, 2010, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Purwanto,2012, Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonsia, Yogyakarta, Gava Media.

Sukanto Reksohadiprojo dan T. Hani Handoko, 2000, Organisasi Perusahaan, Yogyakarta: BPFE.

Syaiful Bahri Djamarah, 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2007, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.56005/jit.v3i2.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.